Brilio.net - Era teknologi sekarang ini orang bisa berkomunikasi dengan mudah. Kini berkomunikasi dengan keluarga, teman, bahkan orang yang tak dikenal dari belahan dunia manapun begitu mudah dilakukan.

Chattingan merupakan aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh banyak orang. Kegiatan orang saling bertukar kabar melalui media sosial dapat kita jumpai di mana-mana. Aplikasi yang banyak digunakan adalah WhatsApp.

Tak bisa dipungkiri, kini WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang banyak digunakan para pengguna smartphone. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, ada sekitar 450 juta pengguna aktif yang menggunakan WhatsApp.

Fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi WhatsApp ini memang sangat menarik. Bahkan tak sedikit orang enggan berpindah ke aplikasi lain untuk berkomunikasi. Namun tahukah kamu ada kabar yang mungkin tidak menyenangkan bagi sebagian orang.

Aplikasi berbagi pesan milik Facebook ini akan menghentikan dukungannya pada sejumlah ponsel Android dan iOS. Dilansir dari berbagai sumber, WhatsApp mengatakan untuk beberapa operating system (OS) lama, pengguna tidak akan dapat membuat akun baru atau memverifikasi ulang akun yang ada. Kebijakan ini berlaku sejak 1 Februari 2020.

Loading...

Versi sistem operasi yang dimaksud adalah iPhone dengan iOS 8 dan sebelumnya serta semua ponsel Android dengan OS Android 2.3.7 alias Gingerbread dan versi lebih lama. Dengan begitu jika smartphone kamu tidak didukung perangkat lebih tinggi, maka tidak bisa menggunakan WhatsApp.

"Di iOS 8, Anda tidak dapat lagi membuat akun baru atau memverifikasi ulang akun yang ada," tulis WhatsApp dalam pernyataan resminya.

Jadi jika kamu pengguna iPhone paling tidak masih mendukung iOS 9 agar bisa menggunakan WhatsApp.

"Kami tidak secara eksplisit membatasi penggunaan perangkat yang di-jailbreak atau di-unblocked. Namun, karena modifikasi ini dapat memengaruhi fungsionalitas perangkat Anda, kami tidak dapat memberikan dukungan untuk perangkat yang menggunakan sistem sistem operasi iPhone yang sudah dimodifikasi," tambahnya.

Tidak hanya itu, perusahaan juga mengatakan WhatsApp tidak akan tersedia di Microsoft Store setelah 1 Juli 2019. Semua pengguna Windows Phone juga tak akan lagi bisa gunakan WhatsApp.

Adapun pengguna ponsel Android Nokia disarankan menggunakan ponsel yang menjalankan KaiOS 2.5.1+, termasuk JioPhone dan JioPhone 2 untuk bisa menggunakan WhatsApp.

Namun jangan khawatir, untuk sementara ini hingga 1 Februari 2020 kamu masih bisa menggunakan WhatsApp walaupun smartphone masih menggunakan iOS dan OS versi lama.

Melihat potensinya yang begitu besar, WhatsApp terus membuat nyaman para penggunanya. Salah satunya adalah muncul fitur baru WhatsApp, di mana WhatsApp Status bisa langsung terkoneksi dengan Facebook Story. Mungkin cara ini belum banyak diketahui orang.

Kamu pengguna WhatsApp dan suka mengunggah aktivitasmu, sekarang ini kamu bisa mengunggah status WhatsApp ke media sosial Facebook. Hal ini lantaran WhatsApp telah merilis fitur barunya untuk menautkan langsung WhatsApp Status ke Facebook Story. Kamu sudah bisa menggunakanya sekarang.

Banyak sekali fitur aplikasi WhatsApp yang segera bisa kamu nikmati. Salah satu fitur yang akan dihadirkan adalah dark mode atau mode gelap. Berikut adalah keempat update fitur WhatsAapp yang segera digulirkan untuk penggunanya seperti dilansir brilio.net dari liputan6.com, Rabu (11/12).

1. Hilangkan pesan.

Fitur WhatsAapp satu ini dapat menghapuskan pesan secara otomatis, saat pengguna mengatur berapa lama pesan bakal hilang setelah dibaca. Kabarnya fitur ini terinspirasi dari Snapchat yang memungkinkan pengguna mengatur penghitung waktu pada pesan mereka.

Fitur bernama Disappearing Message ini ditemukan oleh @WABetaInfo yang menjelajahi software terbaru WhatsApp untuk mencari tahu fitur-fitur yang akan datang.

Berdasarkan informasi @WABetaInfo, obrolan grup akan menghadirkan pesan terhapus otomatis, sehingga tiap pesan teks, foto, video, atau klip audio yang dibagikan dalam obrolan grup akan terhapus dengan sendirinya. Waktu yang diterapkan adalah 5 detik atau 1 jam.

Sayangnya, belum diketahui kapan WhatsApp akan menghadirkan fitur Disappearing Messages ini ke seluruh pengguna.

2. Dark Mode.

Dark mode atau mode gelap merupakan tren terbaru di dunia aplikasi smartphone, setelah Google dengan Android 10 dan iOS 13 menambahkan kemampuan dark mode. Opsi dark mode bakal mengalihkan tampilan setiap bagian antarmuka aplikasi yang biasanya berwarna putih menjadi warna abu-abu gelap atau hitam pekat.

Untuk bisa mendapatkannya, pengembang biasanya memperbarui aplikasi dan menambahkan algoritma dark mode. Oleh karenanya, pengguna harus memperbarui aplikasi mereka. WhatsApp kabarnya bekerja keras menghadirkan dark mode di Android maupun iOS. Perusahaan mulai uji coba dark mode pada September lalu.

3. WhatsApp Multiplatform.

Mengutip laman BGR, WhatsApp nantinya akan memiliki kemampuan multiplatform. Dengan kemampuan ini, nantinya satu akun WhatsApp bisa login dan bisa dipakai di beberapa smartphone. Misalnya saja, satu akun WhatsApp yang sama, bisa dipakai di iPhone, iPad, Mac, hingga Windows OS.

WhatsApp belum benar-benar bisa menghadirkan kemampuan multiplatform. Pasalnya, WhatsApp selalu ditautkan dengan satu nomor telepon saja, bukan ke akun yang dapat dipakai di banyak perangkat, apapun OS-nya.

4. WhatsApp di iPad.

WhatsApp juga mengubah ketergantungannya pada nomor telepon. Jika layanan WhatsApp menjadi independen dari nomor telepon, aplikasi WhatsApp di iPad bisa jadi platform utama. Pasalnya, saat ini WhatsApp tidak mendukung perangkat dengan WiFi saja.

Nantinya WhatsApp akan bisa dipakai sebagai akun utama di iPad, di mana pengguna akan bisa melakukan panggilan video, percakapan suara, dan menyinkronkan obrolan ke tablet.