Brilio.net - Perkembangan teknologi banyak membawa perubahan pada masyarakat. Saat ini semua hal serba canggih, mudah dan praktis. Begitu juga dengan teknik berkirim pesan. Di era modern sekarang, kamu lebih dimudahkan untuk berkirim kabar melalui aplikasi instan messaging.

Aplikasi perpesan ini banyak menawarkan kemudahan dan fasilitas yang lengkap. Saldo atau pulsa yang ada ponselmu juga nggak akan berkurang. Hanya saja pesan akan terkirim jika smartphone-mu terhubung dengan jaringan internet.

Dari sekian ragam aplikasi perpesan, WhatsApp menjadi salah satu aplikasi paling favorit yang sudah dipakai banyak orang. Bisa dibilang WhatsApp menjadi aplikasi teratas dalam urusan komunikasi, baik pribadi hingga profesional. Nggak hanya berkirim pesan, kamu juga bisa saling kirim gambar, video, suara, emoji, gif, video call, telepon, dan masih banyak lagi lainnya.

Menariknya lagi, beberapa tahun lalu WhatsApp meluncurkan fitur baru berbentuk WhatsApp Web. Melalui WhatsApp Web ini kamu bisa membuka aplikasi pesanmu melalui browser komputer. Kemunculan WhatsApp Web menjadi nilai plus dari WhatsApp ini sendiri. Teknik ini sangat cocok buat kamu yang lebih sering menghabiskan waktu di depan komputer, dibanding berselancar di HP.

Tentunya bisa kamu sambi membuka laman atau situs lainnya, jadi lebih hemat banyak waktu dan usaha deh. Cara masuk ke WhatsApp Web ini sangat mudah. Kamu cukup membuka linknya, kemudian melalukan scan barcode dari WhatsApp seluler ke WhatsApp Web.

Loading...

Fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp Web ini juga nggak kalah canggih dan lengkap dari WhatsApp seluler. Kamu bisa berkirim pesan, gambar, dokumen, audio, video, emoji, melihat status orang, dan masih banyak lagi lainnya.

Namun ternyata masih banyak pengguna yang belum tahu cara menyimpan nomor melalui WhatsApp Web ini. Tak sedikit yang mengira kalau penambah nomor hanya bisa dilakukan melalui WhatsApp seluler, karena nomor akan langsung tersinkronisasi.

Ternyata ada trik khusus yang perlu kamu tahu jika ingin menyimpan nomor, tapi malas memegang HP. Yuk simak cara mudahnya seperti lansiran brilio.net dari Guiding Tech, Senin (9/12).

1. Install InTouchApp pada HP.

Cara menyimpan nomor di WhatsApp Web © 2019 brilio.net

foto: Brilio.net

Mungkin saat ini WhatsApp Web belum bisa menyimpan nomor secara langsung, tapi kamu bisa memanfaatkan aplikasi lainnya untuk memecahkan masalah ini. Nggak perlu cemas, karena aplikasi pihak ketiga ini aman, gratis, dan praktis juga untuk digunakan.

Aplikasi tersebut ialah InTouchApp. Aplikasi manajer kontak ini bisa digunakan di Android dan iOS. Dengan InTouchApp, kamu bisa mensinkronkan kontak yang ada di ponsel dengan browser komputer.

Langkah yang pertama adalah unduh aplikasi ini pada ponsel pintarmu. Bisa kamu dapatkan di google Play Store. Setelah selesai, buka aplikasi dan buat akun barumu. Langkah ini diperlukan supaya aplikasi bisa menyinkronkan kontak di HP. Masukkan alamat email, nomor yang tertaut ke WhatsApp, dan namamu.

Setelah membuat akun baru, klik pada gambar profil di bagian atas (tengah) aplikasi untuk mengakses halaman profil. Kemudian klik 'Pengaturan' (ikon roda gigi). Pilih akun yang akan disinkronkan dan pastikan alamat emailmu sudah disetel untuk disinkronkan. Langkah ini diperlukan supaya data yang akan kamu masukkan melalui WhatsApp Web bisa terhubung langsung ke HP.

2. Install InTouchApp pada komputer.

Cara menyimpan nomor di WhatsApp Web © 2019 brilio.net

foto: Brilio.net

Buka web browser yang sering kamu gunakan, bisa Google Chrome atau Firefox. Pasang aplikasi InTouchApp dan instal ekstensi WhatsApp itu melalui Chrome web store atau Firefox Browser Add-ons, pilih salah satu atau ambil keduanya juga bisa. Misalnya kamu memilih menggunakan Chrome, buka tautan Chrome.google.com, lalu cari aplikasi InTouchApp. Setelah ketemu, pilih menu 'Add to Chrome'. Setelah menginstal ekstensi, ikon baru akan muncul di menu atas komputer.

3. Buka aplikasi WhatsApp Web.

Cara menyimpan nomor di WhatsApp Web © 2019 brilio.net

foto: Brilio.net

Buka WhatsApp di Chrome, pindai atau scan barcode dengan ponsel. Caranya buka WhatsApp di ponselmu, kemudian klik menu tiga titik dan pilih WhatsApp Web. Jika kamu menggunakan iPhone, pilih pengaturan di bagian bawah layar dan kemudian pilih WhatsApp Web. Tunggu proses sampai kamu bisa masuk ke WhatsApp Web.

4. Buka ekstensi InTouchApp.

Cara menyimpan nomor di WhatsApp Web © 2019 brilio.net

foto: Brilio.net

Klik pada ekstensi InTouchApp yang sudah kamu pasang sebelumnya di browser pencarian. Kamu bisa masuk ke aplikasi ini menggunakan email, nomor ponsel, atau ID akun yang sudah terhubung. Setelah itu lakukan verifikasi untuk menyambungkan kontak ponsel dan dekstop. Klik ekstensi ketika kamu berada di WhatsApp Web. kalau sudah masuk, menu penyimpanan kontak akan muncul.

Untuk menambahkan kontak baru, buka nomor yang akan ditambahkan, lalu klik ikon tambah kontak yang ada di sebelah nomor baru tersebut. Masukkan detail orang yang ingin kamu simpan tersebut. Lalu klik pilihan simpan.

Proses menyimpan dan menyinkronkan ini mungkin memerlukan beberapa menit. Oleh karena itu nama kontak dapat muncul setelah beberapa saat, tetapi pasti akan berhasil. Tunggu saja prosesnya dengan sabar. Setelah semua selesai, kontak baru akan muncul di aplikasi WhatsApp dan aplikasi kontak di ponselmu secara otomatis.

Kamu juga akan melihat nama kontak muncul di browser WhatsApp Web dalam beberapa menit setelah sinkronisasi selesai. Aplikasi InTouchApp ini juga dapat menambahkan rincian lain seperti jabatan atau perusahaan nomor yang kamu simpan. Kamu juga dapat menggunakan bagian 'catatannya' untuk menyimpan segala informasi yang ingin kamu masukkan.