Brilio.net - Rasanya saat ini media sosial menjadi kebutuhan dan banyak dimiliki orang. Bahkan setiap harinya jumlah pengguna media sosial ini semakin meningkat. Mungkin kamu salah satunya.

Ya berselancar di media sosial dapat menambah link pertemanan, menamabah informasi dan juga bisa mengembangkan bisnis yang kita miliki.

Bisa dibilang di era digital saat ini juga semakin banyak bermunculan aplikasi media sosial dengan beragam kegunaan. Misalnya saja Instagram, WhatsApp, Line, Twitter, dan Facebook. Namun, dari banyaknya aplikasi media sosial, Facebook menjadi salah satu yang begitu digemari masyarakat.

Aplikasi yang diciptakan Mark Zuckerberg ini sudah ada sejak tahun 2004 silam. Facebook diciptakan hanya membutuhkan beberapa waktu hingga menjadi sebuah jaringan yang bisa digunakan seperti saat ini.

Menariknya dikutip dari Bussinessinsider berkat aplikasi yang dibuatnya, Mark Zuckerberg menjadi orang terkaya kelima di dunia. Ia mendapat keuntungan hingga USD 68,2 miliar pada Agustus 2019 ini.

Loading...

Asal mulanya Facebook, dulu Mark Zuckerberg memulainya sejak dirinya masih menjadi seorang mahasiswa dan dibantu oleh teman-temannya. Dimulai dengan bereksperimen menciptakan Facemash.com kemudian ia terinspirasai membuat Facebook seperti model Friendster.

Pada akhir 2005, Facebook mendapatkan investor dan mulai bekerja sama dengan Apple dan Microsoft. Lalu di akhir 2005 Facebook telah menyebar di Amerika Serikat, Inggris, New Zeland, Canada, Mexico, dan Irlandia.

Saat ini Facebook juga telah menambah fitur-fitur aplikasinya untuk membuat penggunanya mendapatkan kemudahan. Tapi, apakah kamu tahu bahwa Facebook telah meluncurkan logo baru? Ya perusahaan Facebook telah mengubah logonya.

Berikut ini sederet logo Facebook dan filosofinya yang jarang diketahui pengguna, seperti brilio.net kutip dari berbagai sumber, Rabu (11/12).

Logo lama Facebook

2  Logo Facebook dan filosofinya, jarang diketahui pengguna fb.com  freepik.com

foto: fandom.com

Logo Facebook dikenal identik dengan warna biru muda. Logo ini bertuliskan kata Facebook dengan ukuran huruf kecil berwarna putih dan latar biru muda. Logo warna putih dipilih Mark Zuckerberg berdasarkan kondisi pengelihatannya yang mengalami deuteranopia.

Deuteranopia merupakan bentuk kebutaan warna yang membuat seseorang sulit untuk membedakan antar warna. Pada hal ini Mark Zuckerberg mengalami kebutaan warna merah dan hijau.

Namun, ada juga makna lain terkait pemilihan warna biru dan putih, kombinasi ini untuk menciptakan kemurnian dan optimisme serta dapat memberikan inspirasi pada seseorang untuk melakukan upaya yang lebih besar.

Penggunaan logo tulisan Facebook dengan menggunakan font kecil dimaksudkan untuk menyatakan bahwa Facebook merupakan perusahaan yang biasa dan santai. Hal ini juga terbukti sebagian besar masyarakan menggunakan Facebook untuk berkomunikasi atau terkoneksi dengan teman dan keluarga yang tak terbatas jarak. Nggak hanya itu Facebook juga dapat digunakan untuk sekadar refreshing mencari hiburan.

Namun, selain warna dan pilihan font ada beberapa elemen desain lain untuk logo Facebook. Perusahaan juga hanya mengubah detail kecil seperti ukuran dan bayangan di tahun-tahun sejak logo pertama kali dirancang. Nah, logo yang terlihat sederhana ini, kini sudah menjadi desain yang unggul.

- Era 2003-2004.

2  Logo Facebook dan filosofinya, jarang diketahui pengguna fb.com  freepik.com

foto: fandom.com

Logo pertama kali menampilkan nama proyek asli Facemash. Nama itu diberikan dalam huruf kapital putih dengan latar belakang merah marun.

- Era 2004-2005.

2  Logo Facebook dan filosofinya, jarang diketahui pengguna fb.com  freepik.com

foto: fandom.com

Facebook kala itu menjadi situs web baru yang menggantikan Facemash, dengan logo sederhana. Pada awalnya platform ini bernama "The Facebook" tulisan "thefacebook" (tanpa spasi) dengan warna biru muda di atas latar belakang biru tua. Anehnya, nama tersebut ditempatkan di antara dua tanda kurung.

- Era 2005-2015.

2  Logo Facebook dan filosofinya, jarang diketahui pengguna fb.com  freepik.com

foto: fandom.com

Di tahun 2005 kata "The" dan tanda kurung menghilang. Warna huruf pun diganti dengan putih. Inovasi perubahan desain ini membuat logo Facebook menjadi lebih terbaca.

- Era 2015-2019.

2  Logo Facebook dan filosofinya, jarang diketahui pengguna fb.com  freepik.com

foto: fandom.com

Lama berselang, Facebook juga mengalami perubahan kembali pada logonya. Meskipun perubahan yang terlihat hanya kecil dan membutuhkan kejelian bagi penggunanya untuk melihat perubahan tersebut. Yaitu perubahan huruf "A" yang baru. Namun huruf-huruf lainnya hanya mengalami sedikit modifikasi untuk strategi bisnis.

Logo baru Facebook

2  Logo Facebook dan filosofinya, jarang diketahui pengguna fb.com  freepik.com

foto: fb.com

Baru-baru ini perusahaan Facebook telah meluncurkan logo baru untuk perusahaan yang dapat membedakanya dari logo aplikasi Facebook. Setelah 15 bertahan, Faceboook juga menawarkan serangkaian produk yang membuat komunikasi terhadap orang menjadi lebih mudah.

Dikutip dari blog Facebook, perusahaan memperbarui logo untuk memperlihatkan lebih jelas tentang produk-produk yang berasal dari Facebook. Branding baru ini dirancang dengan tipografi khusus atau Graphic Interchange Format (GIF) dan huruf besar untuk membuat perbedaan antara perusahaan dan aplikasi.

Sebab layanan utama dari perusahaan Facebook ini mencakup aplikasi seperti Facebook, Messenger, Instagram, WhatsApp dan banyak aplikasi lainnya. Seperti diketahui tahun lalu, perusahaan Facebook juga telah menawarkan aplikasi Oculus, Workplace, dan Portal.

Nah logo menggunakan GIF itu juga berganti-ganti warna. Setiap warna mewakili tiap-tiap aplikasi di bawah nagungan Facebook. Misalnya, warna biru untuk Facebook, hijau untuk WhatsApp, jingga untuk Instagram. Oleh sebab itu semua aplikasi di bawah naungan facebook juga akan bertuliskan "From Facebook" atau dari Facebook, agar para pengguna dapat megetahui perusahaan mana yang membuat produk tersebut.