frugal living ibu muda © TikTok

foto: TikTok/@si.ibuun

Untuk menjawab hal tersebut, ibu muda ini pun menjabarkan bagaimana dia mengelola keuangannya di awal pernikahan. Lewat postingan lainnya yang diunggah pada Sabtu (15/7), wanita ini pun memberitahu uang Rp 3,5 juta itu dipakai untuk apa saja.

Pos dana yang pertama ditulis adalah untuk infak. Kemudian diikuti kebutuhan pokok seperti kontrakan, beras, gas, sayur, kebutuhan rumah, jajan, bensin, listrik, WiFi, makan sebulan, entertain, susu, serta iuran RT. Wanita ini juga punya pos dana untuk menabung sebesar Rp 500 ribu. Dari uang Rp 3,5 juta tersebut tersisalah sekitar Rp 265 ribu yang kemudian dialokasikan untuk dana darurat, kesehatan, atau service motor.

frugal living ibu muda © TikTok

foto: TikTok/@si.ibuun

Lebih lanjut lagi, wanita ini mengungkapkan bahwa dirinya tinggal di Purwakarta, sehingga biaya hidup tempat tinggalnya masih murah dan terjangkau. Saking iritnya pengeluaran mereka selama sebulan, wanita ini nggak punya pos dana untuk menghadiri kondangan.

Menurut penuturannya, bukan tidak ingin hadir di kondangan tersebut, melainkan uang yang mereka miliki hanya cukup untuk kehidupan mereka saja, sehingga tidak ada pos dana untuk itu.

"Maaf maaf aja ya, karena emang keuangannya cuma cukup berdua kita berdua. Kalo ada kondangan itu aku mohon maaf nggak bisa dateng, cuma bisa mendoakan," katanya.

frugal living ibu muda © TikTok

foto: TikTok/@si.ibuun

Wanita ini juga menjelaskan bahwa di awal pernikahan, ketika momen Lebaran datang, dia dan suami akan pergi ke rumah orang tuanya untuk merayakan Lebaran bersama. Jadi wanita tersebut tidak open house dan sebagainya di tempatnya, melainkan merayakan bersama di rumah orang tua.

Tak hanya itu, wanita ini juga menambahkan bahwa tiap tahun suaminya mendapat bonus plus THR yang kalau ditotal pertahunnya mencapai Rp 1 juta.

frugal living ibu muda © TikTok

foto: TikTok/@si.ibuun

Ibu muda ini juga memberitahu bagaimana dia bisa mempunyai itu semua, selain karena tabungan dan gaya hidup hemat yang dia terapkan. Pertama, yaitu pengeluaran untuk infak yang harus ada untuk menjaga dia dan keluarganya terhindar dari mara bahaya. Kedua, konsisten dan tegas untuk tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Meski begitu, pro dan kontra dari warganet tetap tidak bisa dibendung. Berbagai respon ditinggal oleh warga TikTok di kolom komentar menanggapi pengeluaran ibu muda ini yang begitu irit.

Bisa nabung 16 juta/tahun, tahun ke-3 uda punya mobil. wawww," ujar Arie krisnanda.

PdhL memenuhi undangan itu hukum'y wajib, sdgkn ngundang hukum'y sunah... aq klo ga dtg kondangan sih bysa'y Krn jarak yg jauh atau Krn rempong anak anak," tukas Lisa Khan.

Yakin bgt ada support keuangan dari ortu..ga mungkin beli rumah mobil dari gaji 3,5jt serajin2nya nabung butuh waktu puluhan thn kalo gaji segitu," ungkap fieqoh.

Masih masuk akal itu apalagi bisa menahan keinginan beli ini itu yg bukan kebutuhan," timpal Shan Mahreen.

 

@si.ibunn Membalas @TukangBelanja Pengingat - Good Morning Everyone