Brilio.net - Alquran merupakan kita suci umat Islam yang diturunkan Allah melalui perantara Nabi Muhammad. Alquran merupakan kitab yang terakhir diturunkan sekaligus menjadi penyempurna kitab-kitab sebelumnya.

Setiap umat muslim dianjurkan untuk senantiasa membaca Alquran, karena membaca Alquran menjadi sebuah amalan yang wajib dilakukan. Alquran juga menjadi pedoman hidup umat muslim, kitab suci ini menjadi petunjuk dan pemisah antara haq dan yang bathil.

Maka dari itu, setiap umat muslim perlu mengamalkan, memahami, dan menerapkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Alquran. Allah sangat mencintai hamba-hambaNya yang selalu membaca Alquran, sebab membaca Alquran akan membawa banyak manfaat dan kebaikan.

Kendati demikian, terdapat salah satu hadits, bahwa Rasulullah bersabda, "Siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah, maka baginya satu kebaikan. Satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh yang semisal. Aku tidak katakan alif laam miim itu satu huruf. Namun alif itu satu huruf, laam itu satu huruf, dan miim itu satu huruf". (HR. Tirmidzi).

Setelah membaca kitab suci Alquran, setiap umat muslim juga dianjurkan membaca doa setelah baca Alquran. Untuk lebih lanjut, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, doa setelah baca Alquran beserta terjemahan dan keutamaannya, Rabu (20/4).

(brl/jad)