Brilio.net - Alquran merupakan kitab suci umat Islam. Alquran difirmankan langsung oleh Allah kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril. Alquran diturunkan berangsur-angsur selama 22 tahun, 2 bulan, 22 hari dimulai sejak tanggal 17 Ramadhan. Di dalam Alquran terdapat 30 juz dengan 114 surat.

Alquran menjadi salah satu pedoman bagi umat muslim. Karena di dalamnya terdapat firman Allah baik perintah ataupun larangan yang menjadi salah satu landasan manusia untuk bertindak di dunia sebagai bekal di akhirat.

Saat ini perkembangan teknologi sudah semakin canggih, sehingga kini Alquran dapat dijumpai dalam bentuk aplikasi digital, yang dapat diakses melalui handphone atau laptop. Hal ini tentu memudahkan setiap orang untuk mengakses Alquran digital dimanapun dan kapanpun tanpa perlu membawa Alquran cetak.

Selain itu di dalam aplikasi digital terdapat fitur-fitur yang sudah dilengkapi dengan terjemahan, penjelasan tajwid, serta audio untuk mendengarkan bacaan Alquran. Jadi saat ini umat muslim dapat mempelajari dan membaca Alquran melalui aplikasi dengan mudah.

Lebih lanjut, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, berikut 13 aplikasi Alquran digital yang mudah digunakan di handphone beserta terjemahannya, Jumat (8/4).