Brilio.net - Doa menjadi salah satu bentuk permohonan seorang hamba kepada pencipta-Nya, yaitu Allah SWT. Karena hanya Dia yang mampu memberikan segalanya dan telah menciptakan dunia dan seisinya. Maka dari itu setiap umat muslim dianjurkan untuk selalu berdoa dalam keadaan apapun agar mendapatkan keberkahan dan keselamatan.

Salah satu doa yang perlu dibaca, terutama setelah menunaikan ibadah sholat, yaitu doa sapu jagat. Doa sapu jagat merupakan doa meminta keselamatan, kebaikan, serta keberkahan dari Allah SWT. Selain itu, doa sapu jagat ini juga sering dipanjatkan Nabi Muhammad.

Lebih lanjut, berikut doa sapu jagat lengkap dengan arti dan keistimewaannya, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Minggu (17/4).

Doa sapu jagat.

Doa sapu jagat lengkap © 2022 berbagai sumber

foto: istimewa

"Rabbana, atina fid dunya hasanah, wa fil akhirati hasanah, wa qina adzaban naar."

Artinya:

"Ya Allah, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, lindungilah kami dari siksa neraka".

Selain itu, ada lafal doa sapu jagat yang bukan berasal dari hadits, namun dikutip dari Alquran, Surat Al-Baqarah ayat 201, berbunyi sebagai berikut.

Doa sapu jagat lengkap © 2022 berbagai sumber



foto: istimewa

"Wa min-hum may yaqulu rabbana atina fiddunyaa hasanataw wa fil-akhirati hasanataw wa qina azaaban-naar."

Artinya:

"Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka."