Brilio.net - Sholat merupakan salah satu kewajiban utama umat muslim yang harus di jalankan setiap harinya. Terutama dalam menjalankan sholat lima waktu dimana hukumnya wajib bagi setiap umat muslim.

Sholat merupakan rukun Islam kedua yang sangat ditekankan kewajibannya. Sholat menjadi ibadah paling utama setelah dua kalimat syahadat.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (08/04) berikut ulasannya.

Pengertian sholat

sholat © pixabay.com

foto : pixabay.com

Sholat adalah ibadah wajib umat Islam yang ditunaikan sebanyak lima waktu. Mulai dari sholat Subuh, Zuhur, Ashar, Magrib, dan Isya. Sholat adalah bagian dari rukun Islam kedua. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian sholat adalah doa kepada Allah SWT.

Imam Rafi’i dalam buku berjudul Terjemah Fathul Mu'in oleh Syekh Syamsidin abu Abdillah menjelaskan, pengertian sholat dari segi bahasa berarti doa. Sementara menurut syara’ pengertian sholat adalah ucapan dan pekerjaan yang dimulai dengan takbir dan diakhiri salam dengan syarat tertentu.

Hal yang sama ditegaskan dalam buku berjudul Sholat: Hikmah Falsafah dan Urgensinya oleh Abdul Aziz Salim Basyarahil. Dalam buku itu dijelaskan pengertian sholat adalah ibadah yang meliputi peragaan tubuh yang khusus dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan salam (taslim).

Pengertian sholat adalah wajib dilakukan oleh setiap muslim mukalaf dengan syarat, rukun, dan bacaan tertentu. Pengertian sholat adalah ibadah yang didalamnya memuat zikir, tilawah, berdiri menghadap Allah SWT, sujud, doa, tasbih, dan takbir. Itulah pengertian sholat secara singkat yang perlu diketahui.