Brilio.net - Smartphone saat ini menjadi kebutuhan setiap orang. Ya, hal ini karena smartphone atau ponsel pintar memiliki kecanggihan dalam berbagai hal.

Melalui smartphone, kita dapat mengeksplorasi berbagai macam aplikasi yang dapat menunjang kegiatan kita. Tidak hanya yang berhubungan dengan pekerjaan maupun hiburan, terdapat berbagai macam pilihan aplikasi salah satunya adalah aplikasi adzan sebagai pengingat sholat.

Jika umumnya adzan dikumandangkan melalui masjid atau mushola, kini tersedia aplikasi adzan yang dapat di unduh melalui ponsel. Aplikasi tersebut secara otomatis akan mengumandangkan adzan jika waktunya telah tiba. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk mereka yang sedang bekerja atau memiliki kegiatan namun jauh dari masjid, sehingga tidak mendengar suara adzan.

Penasaran apa aja sih aplikasi adzan yang bisa kamu unduh? Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber, Jum'at, (21/1), tentang 7 aplikasi adzan.

1. Jadwal Sholat, Kiblat dan Adzan.

7 Aplikasi adzan yang akurat, lengkap dengan penunjuk arah kiblat © 2022 brilio.net

foto: Play Store/Jadwal Sholat, Kiblat dan Adzan

Aplikasi yang pertama bernama Jadwal Sholat, Kiblat dan Adzan. Aplikasi ini memiliki beragam fitur, salah satunya pengingat Sholat. Jadi, alarm Adzan akan berbunyi ketika waktu sholat di wilayah Indonesia telah tiba. Aplikasi ini juga mampu memberi tahu arah kiblat di lokasi kamu berada, sehingga kamu tidak perlu bingung untuk bertanya arah kiblat.

2. Muslim Pro: Athan, Quran, Prayer Times Qibla Islam.

7 Aplikasi adzan yang akurat, lengkap dengan penunjuk arah kiblat © 2022 brilio.net foto: Play Store/Muslim Pro: Athan, Quran, Prayer Times Qibla Islam

Aplikasi yang selanjutnya adalah Muslim Pro. Muslim Pro menawarkan berbagai fitur menarik. Muslim Pro dapat memprediksi waktu sholat yang akurat berdasarkan lokasi seseorang dengan beberapa pengaturan yang tersedia.

Aplikasi ini akan memunculkan notifikasi baik visual maupun audio untuk adzan dengan banyak pilihan suara muadzin. Ia juga memiliki fitur 'tasbih' untuk menghitung saat berdzikir.

3. Waktu Solat -Kiblat, Azan, Doa, Al Mathurat Sugro.

7 Aplikasi adzan yang akurat, lengkap dengan penunjuk arah kiblat © 2022 brilio.net

foto: Play Store/Waktu Solat -Kiblat, Azan, Doa, Al Mathurat Sugro

Aplikasi ini dapat menampilkan waktu sholat yang akurat berdasarkan jadwal lokal (Malaysia, Indonesia, Singapura dan Brunei). Ia juga menggunakan metode perhitungan standar yang dapat dipilih untuk wilayah di seluruh dunia.
Ketika waktu sholat tiba, kamu dapat mengatur adzan sebagai pengingat.

4. Waktu Salat, Imsakiyah, Qibla.

7 Aplikasi adzan yang akurat, lengkap dengan penunjuk arah kiblat © 2022 brilio.net

foto: Play Store/Waktu Salat, Imsakiyah, Qibla

Aplikasi ini dapat menunjukkan waktu sholat berdasarkan lokasi pengguna.
Ia menawarkan berbagai pilihan notifikasi sholat, sehingga kamu dapat memilih menggunakan alarm Adzan atau hanya menggunakan notifikasi untuk mengingatkan waktu sholat. Salah satu fitur menarik lainnya ialah ia memiliki fitur hitung mundur ke waktu sholat berikutnya.

5. Athan: Prayer Times & Al Quran.

7 Aplikasi adzan yang akurat, lengkap dengan penunjuk arah kiblat © 2022 brilio.net

foto: Play Store/Athan: Prayer Times & Al Quran

Athan merupakan aplikasi adzan selanjutnya yang wajib kamu coba. Aplikasi ini memiliki fitur yang akurat tentang waktu Sholat. Kamu dapat mengatur adzan baik sebagai notifikasi maupun sebagai alarm. Ia juga dapat menampilkan waktu sholat selanjutnya. Aplikasi ini juga menawarkan fitur panduan umroh dan haji.

6. Muslim: Prayer Time, Qibla.

7 Aplikasi adzan yang akurat, lengkap dengan penunjuk arah kiblat © 2022 brilio.net

foto: Play Store/Muslim: Prayer Time, Qibla

Aplikasi ini merupakan salah satu penunjuk waktu sholat yang akurat berdasarkan lokasimu. Aplikasi ini akan bekerja secara otomatis mendeteksi lokasi kamu berada. Kemudian, ia akan memberi informasi seputar adzan di lokasi tersebut. Selain itu, ia juga dapat menunjukkan arah kiblat berdasarkan lokasi terkini, hingga menunjukkan lokasi masjid terdekat.

7. Sajda: Muslim Prayer, Azan.

7 Aplikasi adzan yang akurat, lengkap dengan penunjuk arah kiblat © 2022 brilio.net

foto: Play Store/Sajda: Muslim Prayer, Azan

Aplikasi selanjutnya ini juga menarik dan menawarkan fitur yang beragam.
Selain dapat menunjukkan waktu sholat, ia mampu mengatur adzan sebagai notifikasi maupun alarm ketika tiba waktunya. Aplikasi ini memiliki desain yang simpel dan jelas, sehingga mudah untuk digunakan. Kamu juga dapat memasang widget di home screen ponsel milikmu.

Reporter: Ferdian Ahya Al Putra