Brilio.net - Salah satu syarat sah salat adalah menghadap kiblat. Seperti diketahui, arah kiblat umat Islam seluruh dunia ialah Kabah yang berada di Makkah. Agar ibadah lebih salat lebih khusyuk, maka penting bagi kamu mengetahui arah kiblat.

Bicara soal salat, ternyata nggak sedikit orang yang masih kerap kebingungan untuk menentukan arah kiblat ketika ingin salat di tempat yang baru dikunjunginya. Untungnya kecanggihan teknologi bisa membantu mereka ketika kesulitan menemukan arah kiblat.

Jika zaman dulu kamu harus menggunakan kompas untuk mencari arah kiblat yang tepat saat akan salat, sekarang ini orang sudah tidak kesulitan untuk menentukan arah kiblat, ke manapun mereka pergi. Pasalnya banyak sekali aplikasi smartphone yang bisa menunjukkan arah kiblat.

Kamu nggak perlu khawatir jika aplikasi-aplikasi tersebut tidak bisa bekerja dengan baik saat menunjukkan arah kiblat. Pasalnya mengandalkan fitur GPS, aplikasi penentu arah kiblat kini tampil dengan akurasi. Jadi sangat aman diandalkan.

Nah, aplikasi apa saja yang bisa kamu andalkan untuk menentukan arah kiblat? Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (21/12), berikut 7 aplikasi pencarian arah kiblat yang akurat untuk Android & iOS.

Loading...

1. Muslim Pro.

Aplikasi pencarian arah kiblat akurat untuk Android & iOS Istimewa

foto: support.muslimpro.com

Muslim Pro bisa menjadi pilihan terbaik bagi kamu yang ingin menemukan arah kiblat saat bepergian ke manapun. Aplikasi ini sudah diakui lebih dari 70 juta umat muslim di seluruh dunia.

Tidak hanya digunakan sebagai penentu arah kiblat saja, Muslim Pro juga digunakan sebagai pengingat waktu salat dan adzan terakurat yang disertai dengan waktu berpuasa (imsak dan iftar) selama bulan Ramadan.

Ada beberapa fitur lainnya yang bisa kamu andalkan, seperti Alquran beserta tajwid, tasbih digital, kalender Hijriyah, dan masih banyak lagi. Kamu wajib memiliki aplikasi ini.

2. Waktu Shalat, Imsak, dan Kiblat.

Aplikasi pencarian arah kiblat akurat untuk Android & iOS Istimewa

foto: play.google.com

Tak kalah kerennya, Waktu Shalat, Imsak, dan Kiblat juga bisa menjadi aplikasi yang paling diandalkan bagi banyak umat muslim. Lewat aplikasi ini, kamu nggak perlu khawatir tidak bisa menentukan arah kiblat.

Selain memiliki fitur penunjuk arah kiblat, aplikasi ini juga memiliki perhitungan waktu salat yang sangat akurat. Kamu tidak akan ketinggalan waktu salat dan dipastikan tepat waktu.

3. Visual Qiblah.

Aplikasi pencarian arah kiblat akurat untuk Android & iOS Istimewa

foto: app.kiwi/apk/com

Visual Qiblah menjadi aplikasi yang begitu menguntungkan banyak umat Islam, pasalnya aplikasi satu ini menghitung arah kiblat dari arah utara yang akurat dan mampu memberikan informasi tambahan soal arah kiblat.

Tidak hanya itu saja, aplikasi ini bahkan menggunakan rumus menghitung arah kiblat secara akurat untuk jarak 0,5 mm di bumi. Menariknya, Visual Qiblah mendukung berbagai pilihan bahasa, mulai dari Indonesia, Turki, Rusia dan Prancis.

4. Waktu Shalat dan Kiblat.

Aplikasi pencarian arah kiblat akurat untuk Android & iOS Istimewa

foto: play.google.com

Sama dengan beberapa aplikasi lainnya, Waktu Shalat dan Kiblat juga memiliki kemampuan untuk menentukan kiblat dengan akurat. Aplikasi ini juga menawarkan berbagai macam fitur yang menarik dan komplet, seperti jadwal waktu salat, kalender hijriyah, suara adzan, dan masih banyak lagi.

5. Jadwal Sholat dan Kiblat, Al Quran, Hadis.

Aplikasi pencarian arah kiblat akurat untuk Android & iOS Istimewa

foto: play.google.com

Jadwal Sholat dan Kiblat, Al Quran, Hadis juga bisa menjadi pengingat salat yang sangat baik. Fitur-fitur yang dimiliki aplikasi Jadwal Sholat dan Kiblat, Al Quran, Hadis pun cukup lengkap. Mulai dari mengetahui jadwal salat lima waktu dan arah kiblat.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur Alquran, doa-doa harian, hadis, kalkulator zakat, fitur untuk menemukan lokasi masjid, penghitung tasbih, kartu ucapan, Kalender Hijriyah dan Asmaul Husna.

6. Salaam.

Aplikasi pencarian arah kiblat akurat untuk Android & iOS Istimewa

foto: play.google.com

Salaam merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh PT Samsung Electronics Indonesia. Salaam menjadi aplikasi pengingat salat pertama di Indonesia. Fitur yang bisa kamu dapatkan di sana terbilang cukup banyak, di antaranya:

- Al-Quran dalam Media Digital

- Jadwal Waktu Sholat

- Penunjuk Arah Kiblat

- Konten Harian dan kontekstual berisi hadis, doa, ayat dan kontekstual berdasarkan Kalender Hijriyah

- Panduan Haji dan Umroh

Aplikasi ini menggunakan Alquran versi digital yang telah mendapatkan Sertifikat Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran dari Kementerian Agama Republik Indonesia.

7. Qibla Compass: A Minimal Qibla Direction Locator.

Aplikasi pencarian arah kiblat akurat untuk Android & iOS Istimewa

foto: apkamp.com

Qibla Compass: A Minimal Qibla Direction Locator bisa menjadi salah satu aplikasi penunjuk arah kiblat yang bisa kamu unduh di Android. Aplikasi canggih ini dikembangkan oleh developer Naaz Apps ini memungkinkan kamu untuk bisa menemukan arah kiblat salat yang akurat dan akan secara otomatis mendeteksi lokasi kamu berada.

Menariknya lagi, aplikasi ini bisa kamu gunakan secara offline lho. Jadi nggak perlu khawatir jika tidak memiliki paket internet kamu akan kebingungan menentukan arah kiblat. Namun, untuk tetap bisa menggunakan fiturnya, kamu harus mengaktifkan GPS.

Selain penentu arah kiblat, Qibla Compass: A Minimal Qibla Direction Locator juga memiliki tampilan yang sangat simpel sehingga mudah untuk digunakan oleh berbagai kalangan usia.