Brilio.net - Setiap orang pasti memiliki hoby dan ketertarikan terhadap suatu bidang. Jika kamu adalah orang yang hoby menulis, maka Wattpad bisa jadi platform yang wajib kamu coba. Melalui Wattpad, kamu bisa bebas menulis dan membagikannya pada pengguna lain. Kesempatan untuk mendapatkan banyak pembaca juga cukup besar. Sebab Wattpad adalah platform yang cukup populer dan memiliki jutaan pengguna aktif.

Tak heran jika Wattpad telah melahirkan penulis-penulis baru. Nah, kalau tulisanmu di Wattpad mendapat respon yang baik, tidak menutup kemungkinan kalau tulisanmu bisa diterbitkan lho. Bahkan bisa juga diadaptasi menjadi film, mengikuti jejak Dear Nathan, SIN, atau yang terbaru Dignitate.

Selain menjadi wadah untuk karya tulismu, kamu juga bisa menjadi pembaca saja. Ada lebih dari ribuan novel di Wattpad yang bisa kamu baca untuk hiburan atau seadar menghabiskan waktu luang. Kamu juga bisa memilih genre novel yang kamu suka. Namun jika kamu baru saja ingin mencoba Wattpad, berikut cara menggunakan Wattpad untuk pemula yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (20/12).

1. Akses Wattpad melalui PC atau Smartphone

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

watpad © 2019 brilio.net

foto: wattpad.com

Wattpad bisa diakses melalui website dan aplikasi. Jika kamu menggunakan smartphone, sebaiknya download dan install aplikasi Wattpad. Tapi kalau kamu mau mengaksesnya menggunakan PC, Kamu bisa klik https://wattpad.com

2. Daftar dan pilih kategori di Wattpad

watpad © 2019 brilio.net

foto: wattpad.com

Apabila ini kali pertamamu menggunakan Wattpad, maka kamu perlu mendaftar terlebih dahulu, bisa menggunakan akun gmail atau facebook. Selanjutnya kamu bisa memilih kategori di Wattpad, yakni Pembaca atau Penulis. Apabila memilih menjadi komunitas Pembaca, maka kamu bisa bebas membaca banyak tulisan dari para penulis Wattpad maupun novel-novel yang disediakan. Sedangkan jika kamu memilih kategori Penulis, maka kamu bisa mempublikasikan tulisanmu pada para pembaca.

3. Pembaca di Wattpad

watpad © 2019 brilio.net

foto: brilio.net

Jika kamu bergabung menjadi Pembaca, maka kamu bisa langsung ke menu Discover dan pilih genre yang kamu suka, mulai dari petualangan, romantis, action, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga bisa melihat novel apa saja yang sedang trending di Wattpad. Kalau kamu sudah tau apa yang ingin dicari dan baca, kamu tinggal ketikan saja di kolom Search. Wattpad juga akan memberikan rekomendasi bacaan yang mungkin kamu suka. Selanjutnya klik Read untuk mulai membacanya. Daftar bacaanmu akan ada di Library.

4. Penulis di Wattpad

watpad © 2019 brilio.net

foto: brilio.net

Untuk menulis di Wattpad kamu cukup klik "Create new story" lalu untuk mengeditnya klik "Edit another story". Jika kamu menggunakan smartphone, kamu bisa klik icon bergambar pensil yang berada bagian di bawah layar. Kemudian kamu akan diarahkan pada kolom-kolom untuk tempatmu menulis. Lalu pastikan memilih genre yang sesuai dengan ceritamu. Ini penting agar target pembacamu juga jelas dan sesuai. Nah, mulailah dengan menuliskan keterangan judul, deskripsi, dan cover. Pastikan kamu mendeskripsikan ceritamu semenarik mungkin agar pembaca tertarik.

5. Gabung dan aktif di komunitas

watpad © 2019 brilio.net

foto: freepik.com

Bagi kamu yang pemula, sebaiknya bergabunglah dengan komunitas pembaca dan penulis di Wattpad. Usahakan untuk aktif, sebab disanalah kamu akan mendapatkan banyak ilmu-ilmu baru. Kamu bisa saling memberikan dukungan dan berdiskusi soal bacaan-bacaan favoritmu. Dengan berinteraksi bersama orang dengan ketertarikan yang sama, kamu bisa lebih enjoy dan betah bergabung di komunitas.

6. Tips agar tulisanmu di Wattpad banyak dibaca

watpad © 2019 brilio.net

foto: watpadd.com

Nah, setelah mengetahui bagaimana cara menggunakan Wattpad, kamu tentu ingin tulisanmu mendapatkan banyak pembaca kan? Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu praktekan sendiri.

- Buat judul yang jelas dan mudah diingat. Beberapa orang kadang memilih judul-judul yang terkesan keren dan panjang. Sebenarnya itu tidak salah, namun lebih baik jika kamu memilih judul yang jelas dan mewakili ceritamu. Dengan demikian, pembaca juga akan mudah mengingatnya

- Dapatkan banyak followers dengan menshare tulisanmu ke media sosial. Memang tidak mudah mendapatkan followers dalam waktu singkat, namun kamu tidak boleh berhenti berusaha. Cobalah untuk rajin-rajin menshare akun wattpad beserta tulisanmu di media sosial.

- Aktif memeberikan feedback pada pengguna lain. Jika kamu ingin tulisanmu mendapatkan tanggapan dari pembaca, cobalah kamu memberikan feedback juga pada penulis lain. Siapa tahu, sang penulis akan membaca ceritamu juga dan membawa serta para pembaca lainnya.

-Konsisten dalam menulis. Ini juga penting untuk menunjukkan keseriusanmu menjadi penulis di Wattpad. Jika sudah punya membaca, jangan membuat mereka kecewa karena menunggu terlalu lama part selanjutnya.

Itu dia tips-tips agar tulisanmu di Wattpad banyak dibaca. Beberapa point diatas dirangkum dari tips-tips penulis Wattpad yang sudah sukses menerbitkan bukunya lho. Semoga membantu !

Reporter: Deta Jauda Najmah

(brl/guf)