Brilio.net - Setiap orang pasti menginginkan pernikahan yang sempurna. Karena itulah persiapan pernikahan biasanya sudah direncanakan dari jauh hari untuk memastikan semua berjalan baik. Persiapan pernikahan ini biasanya tidak hanya dikerjakan oleh calon mempelai saja, namun juga melibatkan masing-masing keluarga.

Seakan tak sabar menyambut hari bahagia, berbagai list untuk menyambut hari pernikahan tak boleh ada yang terlewat. Mulai dari baju, konsep pesta, katering, hingga makeup artist harus segera ditentukan. Ada pula pertimbangan untuk memilih souvenir yang cocok untuk tamu undangan.

Meski terlihat sepele, namun souvenir menjadi barang yang akan dibawa oleh para tamu setelah menghadiri resepsi pernikahan. Jadi, ada baiknya untuk memilih souvenir pernikahan yang memiliki manfaat bagi para tamu. Selain itu, disarankan pula untuk memilih souvenir yang ramah lingkungan. Kamu pasti tidak mau kan barang souvenir mu nanti menjadi sampah yang mengganggu kelestarian alam?

Sebagai bahan referensi, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (17/12), 10 souvenir pernikahan yang ramah lingkungan dan berguna.

1. Totebag atau Goodybag

souvenir © 2019 brilio.net

foto: Instagram/ @undangan_murah_jogjakarta

Salah satu souvenir yang ramah lingkungan dan berguna yang bisa kamu pilih adalah totebag atau goodybag. Sebab orang bisa menggunakannya sebagai pengganti kantong plastik saat berbelanja. Agar semakin berkesan, kamu bisa mendesain sendiri totebag atau goodybag yang hendak kamu jadikan souvenir ini. Untuk bahannya, sebaiknya pilihlah bahan kanvas yang nyaman digunakan. Tamu dipernikahanmu pasti senang deh mendapat souvenir ini.

2. Sedotan stainless

souvenir © 2019 brilio.net

foto: Instagram/ @perabotgrosir.id

Saat ini, marak dilakukan berbagai pengurangan sampah plastik. Salah satunya adalah sampah yang berasal dari sedotan plastik. Nah, untuk mendukung aksi cinta lingkungan, kamu bisa memberikan sedotan stainless ini sebagai souvenir pernikahanmu. Selain mudah dibawa, souvenir ini sudah pasti berguna.

3. Handuk kecil

souvenir © 2019 brilio.net

foto: Instagram/ @supplier_handuk

Mungkin diantara kamu ada yang penasaran, mengapa handuk kecil masuk sebagai souvenir yang ramah lingkungan. Jawabannya terletak pada fungsi handuk kecil itu sendiri. Sebenarnya fungsi memberikan handuk kecil adalah sebagai pengganti tisu. Bayangkan betapa banyak tisu yang sudah kita gunakan selama ini. Dengan menggantinya dengan handuk kecil, kita pun bisa mengurangi penggunaan tisu dan menjaga alam.

4. Sabun tanpa bahan kimia

souvenir © 2019 brilio.net

foto: Instagram/ @goodrituals.id

Sabun tanpa bahan kimia ini sempat hits dikalangan remaja lho. Selain ramah lingkungan, sabun ini juga dipercaya lebih menyehatkan kulit. Biasanya sabun ini menggunakan bahan-bahan alami seperti beras atau buah-buahan. Baunya juga tak kalah harum dengan sabun dipasaran. Jika dijadikan souvenir, sabun ini bisa dihias sedemikian rupa sehingga terlihat lebih menarik. Jadi, jangan ragu deh menjadikan sabun tanpa bahan kimia ini sebagai souvenir di hari pernikahanmu.

5. Tumblr atau botol minum

souvenir © 2019 brilio.net

foto: Instagram/ @narawhienna

Selanjutnya adalah souvenir berupa tumblr atau botol minum. Saat ini sampah banyak dihasilkan dari produk-produk minuman dengan botol plastik. Jadi daripada menambah sampah plastik, ada baiknya membawa dan menggunakan tumblr saja. Nah, melalui souvenir berupa tumblr ini, kamu juga mengingatkan para tamu untuk senantiasa menjaga lingkungan.

6. Benih tanaman atau bunga

souvenir © 2019 brilio.net

foto: Instagram/ @souvenir_happy_seed

Benih tanaman atau benih bunga juga bisa menjadi souvenir yang unik tapi berguna lho. Bagi tamu yang suka berkebun atai sekedar bercocot tanam di taman rumah, pasti akan girang mendapatkan souvenir ini. Selain bermanfaat, kamu juga memperlihatkan kesan mencintai lingkungan dengan memilih souvenir jenis ini.

7. Tanaman hias mini

souvenir © 2019 brilio.net

foto: Instagram/ @ohana_plans

Selanjutnya adalah tanaman hias mini. Sudah banyak yang menjadikan tanaman hias mini ini sebagai souvenir. Berbagai macam tanaman berukuran mini ini, semakin membuat souvenir terlihat menarik bagi tamu. Biasanya tanaman hias mini ini berupa kaktus, bonsai, adenium, atau sansivera. Cara perawatan tanaman ini juga mudah. Jadi tak perlu khawatir membuat tamu di pernikahanmu merasa ribet untuk merawat tanamannya ya. Selain ramah lingkungan dan berguna, souvenir ini juga relatif murah lho.

8. Frame foto dari kertas daur ulang

souvenir © 2019 brilio.net

foto: Instagram/ @lina_unik33

Untuk memperlihatkan salah satu hasil dari daur ulang, kamu bisa memilih souvenir berupa frame foto dari kertas. Pilihlah yang ukurannya sedang, agar tamu mu tidak merasa kerepotan saat membawanya. Melalui souvenir ini, kamu bisa menunjukkan bahwa kertas hasil daur ulang pun bisa dimanfaatkan menjadi barang yang berguna.

9. Kantong koin

souvenir © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@ranie_craft

Selanjutnya adalah kantong koin. Barang kecil ini sebenarnya sangat berguna lho. Sebab terkadang kita memerlukan tempat khusus untuk koin yang tidak bisa dicampur dengan dompet biasa. Tapi jangan lupa, pilih bahan yang bisa awet dan tetap ramah lingkungan. Berbagai varian kantong koin sudah didesain dengan bentuk yang unik dan eye catching.

10. Minuman bubuk

souvenir © 2019 brilio.net

foto: Instagram/ @susan_weddingsouvenirs

Jika kamu tertarik untuk memberikan souvenir berupa minuman, sepertinya kamu bisa memberikan teh ataupun kopi dalam bentuk bubuk. Souvenir ini selain ramah lingkungan juga bermanfaat bagi para tamu di pernikahanmu. Sebaiknya pilihlah varian teh atau kopi yang unik, misalnya untuk teh, pilihlah teh herbal atau yang lainnya. Jadi para tamu pun akan penasaran dan tak sabar mencobanya di rumah.


Reporter : Deta Jauda Najmah