Brilio.net - Dewasa ini, manusia tidak bisa terlepas dari yang namanya gadget. Karena ada banyak aplikasi atau media sosial yang bisa dimainkan. Saking asyiknya, orang bisa menghabiskan waktu lebih dari delapan jam untuk berselancar di media sosial. Salah satu aplikasi yang paling hits dan kekinian ialah Instagram. Hampir semua orang pernah menggunakan Instagram.

Pada umumnya, Instagram banyak digunakan untuk berbagi status beserta gambar. Nah, supaya Instagram lebih bervariasi dan menarik, kamu jangan asal posting seenaknya. Pikirkan secara matang dan baik-baik gambar apa yang akan kamu unggah dan kata-kata apa yang tepat. Selain untuk menarik, kalau akunmu banyak dilirik orang, kamu akan punya banyak follower (pengikut). Banyaknya follower bisa menguntungkanmu, jadi ladang uang misalnya.

Salah satu cara mudah supaya caption (tulisan) di Instagram keren dan kekinian, kamu bisa menuliskan kata-kata keren. Banyak akun milenal suka sesuatu yang beda dari biasanya. Nah, kamu bisa memanfaatkan celah tersebut dengan unggahan kata-kata dari bahasa Jawa. Mengapa memilih bahasa Jawa?

Bahasa Jawa dikenal punya serangkaian tata bahasa yang unik, penuh makna, dan lucu. Rangkaian kata yang tersusun jadi kalimat dapat menyesuaikan untuk siapa yang diajak bicara. Tak ayal membuat bahasa Jawa banyak disukai orang.

Nah tunggu apa lagi, yuk segera buat caption keren dari Bahasa Jawa seperti kutipan brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (12/12).

Loading...

Caption bahasa Jawa penuh arti.

40 Caption Instagram Bahasa Jawa instagram

foto: Instagram/@aisyah_azzahra

Banyak orangtua zaman dulu memberikan nasehatnya. Adapun beberapa di antaranya berasal dari adaptasi tetuah orangtua.

1. "Ora usah mikir omongane wong liyo, wong liyo ae nek ngomong yo ora mikir."

(Nggak usah mikir omongannya orang lain, orang lain aja kalau ngomong nggak pakai mikir).

2. "Dadi wong lanang ojo koyo krupuk. Teles sitik lemes."

(Jadi laki-laki jangan kayak kerupuk. Basah sedikit lemas).

3. "Wong nek diapiki mesti bakal mbales ngapiki, nek wes diapiki tapi malah nglarani mungkin duduk wong."

(Orang kalau diperlakukan baik harusnya membalas dengan kebaikan juga, kalau sudah diperlakukan baik malah menyakiti, mungkin bukan manusia).

4. "Untung atiku iki digawe karo Gusti Allah. Nek gawean menungso wes remuk ket wingi."

(Untung hatiku ini dibuat oleh Gusti Allah. Kalau buatan manusia sudah hancur dari kemarin).

5. "Tenangno pikirmu. Ayemno atimu. Gusti Allah mboten sare."

(Tenangkan pikirmu. Tenangkan hatimu. Allah tidak tidur).

6. "Ojo sampe kenangan ngrusak masa depan."

(Jangan sampai kenangan merusak masa depan).

7. "Ora ono wong mulyo tanpo urip rekoso."

(Tidak ada manusia yang hidup senang tanpa usaha keras).

8. "Tetese grimis karo tetese tangisanmu, iseh jeru tetesen banyu motone wong tuoku."

(Tetesan gerimis sama tetesan tangismu, lebih dalam tetesan air mata orangtuaku).

9. "Rela lan legawa lair trusing batin."

(Ikhlas lahir batin).

10. "Ala lan becik iku gegandhengan, Kabeh kuwi saka kersaning Pangeran."

(Kebaikan dan kejahatan ada bersama-sama, itu semua adalah kehendak Tuhan).

Caption bahasa Jawa paling keren.

40 Caption Instagram Bahasa Jawa instagram

foto: Instagram/@ahmadaliwafa

Bahasa Jawa itu mudah diartikan. Bahkan orang yang berasal dari luar Jawa pun banyak yang paham.

11. "Wit, yen diuncali watu tetep dibales kanggo woh."

(Hiduplah seperti pohon, ketika dilempari batu tetap dibalas dengan buah).

12. "Aku wong ndeso ora ngerti Valentine Day, ngertiku Pak Day karo Bu Day."

(Aku orang desa enggak tau Valentine Day, tahunya Pak Day dan Bu Day (plesetan dari Pakdhe dan Budhe).

13. "Wayah wulangen marang kautaman, predinen susileng tata supata gawe pepadhaning kaluwarga."

(Didiklah anak cucumu ke arah keutamaan, didiklah tata susila agar dapat menjadi sinar cahaya bagi keluarga).

14. "Narimo ing pandum."

(Menerima segala sesuatu dengan ikhlas).

15. "Ngelmu iku kalakone kanthi laku."

(Bila ingin menjadi pintar, maka harus belajar mencari ilmu).

16. "Abot entheng saka panggawene dhewe."

(Berat dan ringannya kehidupan tergantung dari diri manusia itu sendiri).

17. "Alam iki sajatining guru."

(Alam ini adalah guru).

18. "Manungsa mung ngunduh wohing pakarti."

(Kehidupan manusia baik dan buruk adalah akibat dari perbuatan manusia itu sendiri).

19. "Kawula mung saderma, mobah-mosik kersaning Hyang sukmo."

(Lakukan yang kita bisa, setelahnya serahkan kepada Tuhan).

20. "Memayu hayuning pribadi, memayu hayuning kulawarga, memayu hayuning sesama, memayu hayuning bawana."

(Berbuat baik bagi diri sendiri, keluarga, sesame manusia, makhluk hidup dan seluruh dunia).

Caption bahasa Jawa lucu dan kekinian.

40 Caption Instagram Bahasa Jawa instagram

foto: Instagram/@topmus_customshop

Bahasa Jawa merupakan bahasa daerah. Kendati demikian, bahasa ini masih banyak digunakan kaum milenal saat ini.

21. "Kacang iku gurih, tapi nek dikacangin iku perih."

(Kacang itu gurih, tapi kalau dikacangin itu perih).

22. "Wong lemu kui, dudu kakean mangan, tapi program diete sing gagal."

(Orang gemuk itu, bukan kebanyakan makan, tapi program dietnya gagal).

23. "Waktu adalah uang. Yen kancamu mbok jak dolan ngomong raenek wektu, berarti wonge ra ndue duwit."

(Waktu adalah uang. Kalau temanmu kamu ajak main bilangnya enggak ada waktu, berarti temanmu enggak punya uang).

24. "Udane awet, koyo lambemu nek ngomel, nggak leren-leren."

(Hujannya awet, kayak mulutmu kalau ngomel, enggak berhenti-henti).

25. "Asline aku yo kudu nangis tapi wedi mengko umbelku metu."

(Aslinya aku ingin nangis tapi takut nanti ingusku keluar).

26. "Kowe butuh duit?? Reneo… Ayo nangis bareng."

(Kamu butuh uang? Kesini lah, ayo nangis bersama).

27. "Malem minggu neng kamar dewean, koyo semongko glundang-glundung dewe."

(Malam minggu hanya di kamar sendirian, seperti semangka guling-guling sendirian).

28. "Aku ora malam mingguan, sandalku pedot."

(Aku tidak malam mingguan, sandalku putus).

29. "Jaremu lungo tuku sego, lha muleh malah gowo lanangane tonggo."

(Katanya pergi beli nasi, lha pulang malah bawa pasangannya tetangga).

30. "Gendang yo gendang, koplo yo koplo, ojo omong tok! Ndang buktekno."

(Pisang ya pisang, koplo ya koplo, jangan omong doang! Mana buktinya).

Caption Instagram bahasa Jawa tentang cinta.

40 Caption Instagram Bahasa Jawa instagram

foto: Instagram/@yang.kedua345

Terima kasih buat doi karena sudah bersedia menemanimu selama ini. Tapi buat kamu yang belum punya pasangan harap bersabar dan tunggu saja waktu tepatnya.

31. "Tresno iku mergo ati, ora bakal owah tekane mati."

(Cinta ini datang dari hati, tak bakal berubah sampai mati).

32. "Ora kepengin sing sempurna nggo ndampingi uripku, mung butuh wong sing ikhlas nrima lan ngelengkapi kekuranganku."

(Tidak ingin (wanita) yang sempurna untuk mendampingi hidupku, (aku) hanya butuh orang yang ikhlas menerima dan melengkapi kekuranganku).

33. "Jenenge pasangan, yen ora pas yo mung dadi angan."

(Namanya pasangan, kalau enggak pas yang cuma jadi angan).

34. "Elek yo ben, sing penting iso marai kangen."

(Jelek ya biarin, yang penting bisa bikin kangen).

35. "Jenenge wae sayang. Cemburu sitik wajar. Bawel sitik wajar. Seng ora wajar kui yen sayang tapi ora pernah cemburu lan bawel karo pasangane."

(Namanya juga sayang, Cemburu sedikit wajar. Bawel sedikit wajar. Yang nggak wajar itu kalo sayang tapi nggak pernah cemburu tapi bawel sama pasangannya).

36. "Aku kadang penasaran, pie rasane nek kelangan koe. Pas aku mbayangke, aku malah luweh pengen nggondeli koe luweh erat."

(Aku kadang-kadang penasaran, gimana rasanya kalo kehilangan kamu. Pas aku bayangin, aku malah nggak peduli pengen memegang kamu lebih erat).

37. "Move on kuwi dudu berusaha nglalekke ya, tapi ngikhlaske lan berusaha ngentukke sing luweh apik luwih seko sing mbiyen-mbiyen."

(Move on itu bukan berusaha melupakan, tapi mengiklaskan dan berusaha untuk mendapatkan yang lebih baik lagi daripada yang dahulu).

38. "Yen pancen tresno kudune dijogo ora malah ditinggal gendakan karo wong liyo."

(Kalau memang cinta harus dijaga jangan malah ditinggal pacaran sama orang lain).

39. "Aku tanpamu bagaikan es dawet ra diwei gulo."

(Aku tanpamu  bagaikan es dawet tidak diberi gula).

40. "Aku nyatu gung iso mempertahankan tapi aku iso soal njogo perasaan."

(Aku merasa belum bisa mempertahankan tapi aku bisa tentang menjaga perasaan).