Brilio.net - Bulan suci Ramadhan menjadi salah satu bulan yang membawa keberkahan bagi setiap umat muslim. Sebab, pada bulan suci Ramadhan segala kebaikan dan ibadah yang dilakukan bernilai di mata Allah dan akan dilipat gandakan pahalanya. Terlebih, di bulan Ramadhan seluruh umat muslim melaksanakan kewajiban yang diperintahkan Allah SWT, yaitu ibadah puasa.

Pada bulan Ramadhan terdapat satu malam yang penuh dengan kemuliaan yaitu malam Lailatul Qadar. Pada malam ini seluruh umat muslim memiliki kesempatan untuk memperbaiki amalan-amalan, mendapatkan keberkahan, dan pahala bagaikan seribu bulan. Malam Lailatul Qadar juga menjadi salah satu malam di mana Alquran pertama kali diturunkan. Maka dari itu malam Lailatul Qadar menjadi salah satu malam yang dinantikan seluruh umat muslim saat bulan Ramadhan.

Malam saat Alquran diturunkan pada lailatul qadar sudah tertulis dalam firman Allah SWT, yang artinya: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah dirimu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhan-Nya untuk mengatur segala urusan. Malam itu malam (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS. Al-Qadr ayat 1-5)

Pada malam lailatul qadar, umat muslim juga dianjurkan untuk melaksanakan sholat dan memanjatkan doa kepada Allah SWT. Doa yang dipanjatkan niscaya akan dikabulkan serta diampuni segala dosa-dosanya. Seperti pada hadits berikut ini:

Rasulullah Muhammad SAW bersabda, yang artinya: "Carilah lailatul qadar pada tanggal-tanggal ganjil dari sepuluh hari akhir bulan Ramadhan." (HR Bukhari)

Siapapun yang berhasil mendapatkan lailatul qadar, segala dosa-dosanya akan diampuni.

"Barang siapa sholat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (HR Bukhari, 1901)

Lebih lanjut, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Minggu (17/4) doa malam Lailatul Qadar yang membawa keberkahan di bulan Ramadhan.