Brilio.net - Zakat menjadi hal wajib yang harus diamalkan umat Islam dalam kehidupannya. Zakat disebut sebagai harta tertentu yang dikeluarkan jika telah mencapai syarat sesuai aturan agama.

Zakat berasal dari kata 'Zaka' yang memiliki arti suci, baik, berkah, tumbuh, dan berkembang. Sebutan zakat sendiri diberikan lantaran di dalamnya terdapat harapan untuk memperoleh berkah, membersihkan jiwa, dan memupuknya dengan kebaikan.

Pengertian Zakat

zakat dalam islam  © pixabay.com foto : pixabay.com

Dalam buku Dr Wahbah Al-Zuhayli, definisi zakat adalah tumbuh (numuw) dan bertambah (ziyadah). Sedangkan menurut Peraturan Menteri Agama No 52 tahun 2014, zakat merupakan harta yang wajib dikeluarkan seorang Muslim atau badan usaha untuk diberikan kepada yang berhak menerimanya sesuai syariat Islam.

Pengertian zakat menurut bahasa adalah tumbuh, berkembang, subur atau bertambah. Sedangkan menurut istilah, zakat berarti sejumlah harta tertentu yang diwajibkan Allah untuk dikeluarkan dan diberikan kepada penerima sesuai syariat Islam.

Pengertian zakat menurut istilah dan bahasa memiliki keterkaitan. Setiap harta yang sudah dibayarkan zakatnya akan menjadi suci. Zakat juga bisa disebut sebagai cara agar jiwa menjadi bersih.

Dalam buku Dr. Wahbah Al-Zuhayli, jika diucapkan, zakat adalah zaka al-zar yang artinya tanaman itu tumbuh dan bertambah. Apabila diucapkan sebagai zakat al-nafaqah berarti nafkah tumbuh dan bertambah.