Brilio.net - Dalam Islam, ada baiknya selalu membaca doa setiap hendak melakukan sesuatu. Hal ini karena membaca doa menjadi salah satu anjuran yang senantiasa perlu ditanamkan agar manusia tetap mengingat dan merendahkan diri kepada Allah SWT.

Membaca doa juga menjadi amalan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW, salah satunya doa naik kendaraan. Membaca doa saat hendak naik kendaraan menjadi amalan yang terpuji. Hal ini sebagai bentuk permohonan kepada Allah supaya diberi keselamatan dan perlindungan selama perjalanan agar selamat sampai tujuan.

Bahkan Allah SWT berfirman: "Berdoalah kepadaKu, Aku akan kabulkan doa kalian. Sungguh orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-Ku, akan dimasukkan ke dalam neraka Jahannam dalam keadaan hina dina," (QS. Ghafir: 60).

Oleh sebab itu, berdoa juga menjadi kewajiban bagi setiap muslim untuk meminta permohonan, sekecil apapun bentuknya, karena Allah akan mengabulkannya. Lebih lanjut berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, doa naik kendaraan lengkap dengan arti, agar selamat sampai tujuan, Senin (18/4).