Brilio.net - Dalam kehidupan sehari-hari, sebagai manusia hendaknya merasa bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan Allah. Salah satu bentuk sifatnya adalah qanaah.

Qanaah merupakan sifat merasa cukup dengan nikmat pemberian dari Allah. Dalam artian lain qanaah berarti sikap rela menerima atas hasil atau pencapaian yang diusahakan, serta menjauhkan diri dari rasa tidak puas dan perasaan kurang.

Sifat qanaah perlu ditumbuhkan dalam keseharian, sebagai kebiasaan dan bentuk karakter. Sebab dengan mensyukuri nikmat Allah, berarti kamu berqanaah dengan segala yang sudah diterima.

Seperti pada hadits yang berbunyi, "Jadilah seseorang yang wara', niscaya engkau menjadi manusia yang paling baik dalam beribadah. Dan jadilah seorang yang qanaah, niscaya engkau menjadi manusia yang paling bersyukur." (HR. Ibnu Majah).

Qanaah merupakan sikap terpuji, karena dengan qanaah dapat membuat manusia untuk berhemat, bijaksana, dermawan, merasa optimis bukan pesimis, karena pada dasarnya manusia nggak akan pernah merasa puas dengan apa yang ada, maka dari itu memiliki sikap qanaah penting untuk menghindari sikap rakus dan tamak.

Lebih lanjut, untuk mengetahui penjelasan mengenai manfaat qanaah dan dalilnya dalam Islam, berikut dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (11/4).