Brilio.net - Doa menurut bahasa adalah seruan atau dengan kata lain artinya memanggil atau mengucap. Jika menurut istilah, doa merupakan suatu permohonan atau permintaan yang di tunjukan kepada Allah SWT Tuhan semasta alam.

Sebagai umat manusia, hendaknya senantiasa untuk berdoa dan memohon ampun, bahkan setiap saat setelah sholat. Karena Allah sangat menyukai hamba-Nya yang merendahkan diri dihadapannya dan yakinlah bahwa apa yang dipanjatkan akan didengar Allah.

Doa merupakan pintu mencari keselamatan di dunia dan akhirat. Dengan rahmat yang Allah berikan, maka tidak mustahil manusia akan terhindar dari hal-hal buruk. Sebagaimana dalam hadits diriwayatkan Imam Ahmad, Ibnu Majah, dan At-Tirmidzi dari Sulman, mengatakan bahwa Rasulullah bersabda:

"Tidak ada yang dapat menolak takdir (ketentuan) dari Allah, kecuali doa dan tidak ada yang dapat menambah umur kecuali berbuat kebaikan." (HR. At-Tirmidzi).

Tentu setiap manusia akan diberikan ujian oleh Allah berbagai macam, yang bisa dilakukan oleh seorang manusia adalah berdoa, ikhtiar, dan usaha. Salah satu doa yang banyak diamalkan ketika memiliki masalah berat adalah doa Nabi Yunus. Pastinya diantara kamu telah mengetahui kisah Nabi Yunus yang ditelan ikan besar, dan menjadi pelajaran berharga bagi setiap umat muslim.

Berikut bacaan doa Nabi Yunus, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (11/4).