Brilio.net - Di Indonesia, selain sah menurut agama dan pemerintah, pernikahan juga sering dijalankan secara adat. Prosesi adat dalam pernikahan tidak hanya sekadar ritual atau tradisi, tetapi juga mewakili warisan budaya, nilai-nilai keluarga, dan identitas etnis atau lokal yang dijunjung tinggi. Melalui prosesi adat, pasangan yang menikah dan masyarakat di sekitarnya dapat merasakan kebersamaan dan menghormati nilai-nilai yang telah dianut secara turun-temurun.

Salah satu contoh pernikahan yang menggunakan adat ada dalam video ini. Sebuah video yang diunggah akun TikTok @dyhnjmi, menunjukkan sebuah pernikahan di Kalimantan Selatan. Terlihat mereka sedang menjalankan adat bausung.

Awal video memperlihatkan sepasang pengantin tengah duduk anteng di pelaminan. Dengan senyum yang merekah, mereka juga berfoto dengan tamu undangan. Selain itu, mempelai wanita masih bisa membuat video dan berfoto manja bersama suami.

adat bausung © TikTok

foto: TikTok/@dyhnjmi

Keanggunan masih tetap terjaga, meski dengan tingkah yang sedikit berubah. Terlihat pengantin wanita menari dengan gemulai saat digendong seorang pria paruh baya berbaju kuning. Tak hanya sampai di situ, wanita tersebut juga masih menari meski sudah diturunkan dari gendongan.

Menurut penelitian Nuz Azizah (2019) yang berjudul "Tradisi Bausung Dalam Perspektif Antropologi di Pembelajaran IPS" mengatakan, bausung adalah salah satu tradisi adat pernikahan yang berasal dari Kalimantan Selatan. Dalam konteks adat pernikahan, bausung berarti prosesi mempelai pria dan mempelai wanita digendong oleh dua orang pemuda yang sudah terlatih.