Brilio.net - Kualitas udara di Jakarta kembali menduduki peringkat pertama sebagai kota dengan udara terburuk di dunia. Data ini diambil dari situs pemantauan kualitas udara IQAir pada pukul 06.00 WIB, di mana indeks kualitas udara (AQI) berada di angka 170 atau masuk dalam kategori tidak sehat, dengan polusi udara PM2.5.

Sejumlah wilayah di Jakarta juga tercatat masuk di kategori sangat tidak sehat dengan indeks AQI di atas 201, seperti di Cilandak Timur dan Kebayoran lama di angka 206. Pekatnya polusi udara di kawasan Jakarta ini menjadi buah bibir warganet di media sosial.

Masalah yang tak kunjung usainya selalu jadi topik menarik untuk dibahas. Sebab, Jakarta sebagai kota besar menjadi tempat untuk mengadu nasib dari seluruh penjuru Indonesia, termasuk di daerah suburban seperti Bekasi, Bogor, Depok, Tangerang, dan sekitarnya.

Di tengah keramaian tentang polusi, sebuah video memperlihatkan perbandingan langit di Yogyakarta dan Jakarta yang sangat jomplang. Video itu diambil dan dibagikan oleh akun TikTok @notpusing pada Sabtu (12/8) kemarin.

polusi udara jakarta © TikTok

foto: TikTok/@notpusing

Dalam rekaman tersebut, wanita bernama Sheena Mulan sedang merekam perjalanannya menggunakan pesawat dari Bandara YIA (Yogyakarta International Airport) menuju Soekarno Hatta CGK.

"Flight YIA - CGK termerinding yg pernah aku rasain," tulisnya dalam video.

polusi udara jakarta © TikTok

foto: TikTok/@notpusing