Brilio.net - Masih ingat aksi para seniman mural yang membuat karya street art mural di tembok luar Institut Prancis Indonesia (IFI) di Jalan MH Thamrin, beberapa waktu lalu? Nah kampanye seni jalanan bertajuk Converse City Forests yang bertujuan untuk membersihkan udara tersebut kembali berlanjut. 

Kampanye yang menggabungkan seni jalanan dengan kepedulian anak muda terhadap lingkungan ini kembali dilakukan dengan mengusung tema Break Barriers–Racial Equality. Kegiatan mural ke-2 kali ini dilaksanakan di dua lokasi berbeda.

Area pertama berlokasi di daerah Fatmawati (Jakarta Selatan) dan kedua di Joglo (Jakarta Barat). Converse berkolaborasi dengan seniman lokal ternama Wormo dan Fivust, serta beberapa anggota All Stars.

Kampanye lingkungan mural © 2021 brilio.net

“Saya sangat senang bisa menjadi bagian dari proyek ini. Kita tidak hanya melukis seni yang indah, tetapi juga membantu membersihkan lingkungan dari polusi udara yang berbahaya,” kata Wormo.

Mural dengan desain unik yang bertuliskan “Berat Sama Dipikul, Ringan Sama Dijinjing”, merupakan sebuah pesan kuat yang ingin disampaikan kepada seluruh masyarakat khususnya anak muda mengenai keberagaman Indonesia serta kewajiban untuk bersatu dan bersama menjaga lingkungan hidup.

“Mural ini juga menyampaikan pesan khusus tentang keberagaman di Indonesia, yakni perbedaan dapat menciptakan sesuatu yang indah dan selaras,” tambah Fivust.

Pesan ini begitu terasa maknanya bila melihat secara langsung karya seni mural tersebut di 2 lokasi yang berbeda, karena bila digabung menjadi satu karya utuh yang saling melengkapi. 

Kampanye lingkungan mural © 2021 brilio.net

Mural kali ini menggunakan bahan cat Grephenstone, yang memanfaatkan bahan dasar alami dengan kandungan nabati atau mineral seperti batu kapur, silikat, resin, pati, minyak biji rami, jeruk dan lilin. Cat ekologis dan alami dari Graphenstone tidak menghasilkan limbah yang berbahaya bagi lingkungan, karena menggunakan bahan kimia lembut, biodegradable, dan ramah lingkungan.

Kampanye yang digagas pertama kali pada Desember 2020 ini adalah kolaborasi Converse Indonesia dengan 2 orang seniman lokal ternama Olderplus dan Blesmokie di kegiatan Kampanye Bersihkan Udara, Converse City Forest. Di lokasi pertama, yaitu di tembok luar Institut Prancis Indonesia (IFI) yang berlokasi di Jalan M.H. Thamrin, tema lukisan mural yang diangkat adalah Create Together for Tomorrow berfokus pada kelestarian lingkungan hidup dengan tetap merepresentasikan ciri khas dan budaya masyarakat Indonesia.

Kampanye lingkungan mural © 2021 brilio.net

Kampanye City Forest digagas di 14 kota di dunia, termasuk antara lain Jakarta (Indonesia), Sao Paulo (Brazil), Manila (Filipina), Bangkok (Thailand), Sydney (Australia) dan masih banyak kota lainnya. Converse secara aktif mencari cara untuk menjaga momentum terus berjalan, menggandeng seniman lokal di berbagai penjuru Indonesia, dan dunia, untuk mendukung misinya menciptakan udara segar di berbagai kota. Hingga saat ini, sudah 5,559 pohon yang “ditanam” melalui Kampanye Converse City Forest.