Brilio.net - Bagian terberat bagi mahasiswa untuk mendapat gelar adalah saat menyusun skripsi. Meski cuma 6 SKS, tapi perjuangan dalam menyelesaikannya biasanya penuh dengan keringat dan air mata. Sebab, meski sudah berusaha sepenuhnya kadang masih ada faktor eksternal yang menjadi penghambat.

Untuk membantu menyelesai skripsi, kampus biasanya memfasilitasi dengan dosen pembimbing. Dosen pembimbing berperan memberikan arahan dan bimbingan akademik terkait penyusunan skripsi. Selain itu, ia juga harus menjadi sumber inspirasi, motivasi, dan dukungan selama perjalanan penelitian.

Peran utama dosen pembimbing adalah membimbing mahasiswa dalam merumuskan topik, menyusun kerangka kerja penelitian, dan memberikan saran mengenai metodologi yang tepat. Selain itu, dosen pembimbing juga membantu menganalisis hasil penelitian, memberikan masukan kritis, dan mengarahkan mahasiswa untuk mengembarkan argumen yang kuat dalam skripsi mereka.

Jika penelitian mahasiswa sudah selesai, maka tanda tangan dosen pembimbing akan lebih berguna dari tanda tangan manapun. Sebab hal tersebut akan menjadi penanda seseorang untuk bisa maju sidang dan mendapatkan gelar sarjananya. Makanya banyak yang rela mengejar dosen pembimbingnya di mana pun berada.

Hal inilah yang dilakukan oleh seorang mahasiswi di dalam video. Kisahnya bisa dilihat lewat TikTok dengan username @virandya3. Jelas terlihat bahwa mahasiswa tersebut sedang memberikan perjuangan yang bukan main-main.

Pada awal video memperlihatkan seorang wanita membawa kertas ditangan kanannya. Alih-alih ia membawanya ke kampus, video tersebut memperlihatkan latar tempat yang penuh dengan pohon. Medan untuk berjalan pun tidak seperti jalanan pada umumnya. Terlihat ia hanya berjalan di pinggir got.

ngejar dosen ke kebun © TikTok

foto: TikTok/@virandya3