Selain itu, wanita berusia 34 tahun ini tidak pernah membeli baju baru untuknya, dan hanya memakai pakaian bekas yang diberikan oleh kerabat dan teman. Begitu juga perabotan, Saki mengambil dari tempat daur ulang atau bank sampah.

beli rumah makan 6 ribu sehari © Berbagai sumber

foto: sinchew.com

Setiap uang yang keluar, meski cuma 1 Yen, pasti akan dihitung dan dicatat oleh Saki. Dia begitu ketat dalam mencatat semua pengeluaran uangnya. Bahkan koin Yuan yang dikeluarkan ketika mengunjungi kuil saja akan dicatat.

Pada akhirnya di usia 27 tahun, dia bisa membeli rumah pertamanya dengan membayar 10 juta Yen (setara Rp 1 miliar) dan pinjaman sebesar 18 juta Yen (setara Rp 18 miliar). Rumah yang telah dibeli kemudian dia sewakan untuk mengganti pinjaman serta menabung untuk membeli 2 rumah baru di usia 33 tahun.

beli rumah makan 6 ribu sehari © Berbagai sumber

foto: sinchew.com

Biarpun sudah memiliki 3 rumah di kepala tiga, sejauh ini Saki masih mempertahankan hidup hemat demi membuat kafe kucing impiannya. Terlepas dari cara Saki Tamogami yang cukup ketat dalam mengeluarkan uangnya, tapi tekad yang dimiliki wanita asal Jepang ini patut menjadi contoh.

Berhemat memang kebiasaan yang baik jika ingin mencapai financial freedom di masa depan. Tapi kalau se-ekstrem ini kira-kira kamu bakalan sanggup nggak, nih?