Brilio.net - Jenis tanaman hias nggak hanya bunga saja, namun ada pula tanaman hias daun yang bisa memberikan kesejukan di rumah. Salah satunya daun suji atau yang memiliki nama ilmiah Dracaena Angustifolia. Tanaman perdu tahunan ini sekilas hampir mirip dengan daun pandan. Tanaman ini memiliki warna hijau pekat, tidak memiliki tulang, serta tidak bergerigi seperti daun pandan.

Daun suji biasa digunakan sebagai pewarna bahan makanan, dan aman bagi kesehatan tubuh. Selain itu daun suji juga sering diolah menjadi obat-obatan tradisional. Hal ini tidak lain karena daun suji memiliki berbagai macam kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya didapatkan dari kandungan klorofil satu persen.

Dilansir brilio.net dari balconygardenweb.com, tanaman hias daun suji juga dapat mengurangi dan menyerap polutan udara, seperti formaldehida, benzena, trikloretilen, dan karbon dioksida. Nah, untuk menanam tanaman hias daun suji ini harus memperhatikan beberapa faktor agar tanaman bisa tumbuh subur.

Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, cara menanam tanaman hias daun suji yang memiliki banyak manfaat, Selasa (30/3).

1. Pembibitan daun suji.

Cara menanam tanaman hias daun suji Instagram © 2021 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@dee.garden.83

Pembibitan bisa dilakukan dengan dua cara. Yang pertama memisahkan tunas anakan dari indukan, yaitu dengan menyertakan akarnya. Setelah itu simpan sementara dalam ruangan basah dan lembap. Sedangkan cara yang kedua yakni memisahkan tunas yang muncul dari pangkal induk atau dengan cara stek batang.

2. Penanaman daun suji.

Cara menanam tanaman hias daun suji Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@plantingpuspa

Proses yang kedua yakni penanaman daun suji. Namun, sebelum memotong siapkan terlebih dahulu media tanamnya, berupa campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Kemudian potong batang daun suji, lalu rendam batang bagian bawah dengan air, kira-kira 10-20 cm sampai keluar akarnya. Setelah akar keluar tanam sedalam 5-10 cm, lalu padatkan area sekitar bibit agar tanaman tegak dan kuat. Jangan lupa siram area pangkal tanaman agar bibit tumbuh dengan baik.

3. Cara merawat.

Cara menanam tanaman hias daun suji Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@buffei.bercocok.tanam

Seperti kebanyakan jenis tanaman berkayu lainnya, tanaman hias daun suji dapat menyerap air tanah dengan baik. Jadi kamu hanya perlu menyiraminya sesekali jika diperlukan saja. Agar bibit tanaman daun suji tumbuh dengan baik, penyiraman tanaman ini dilakukan pada daerah pangkal tanaman.

Apabila ditanam di pekarangan, maka jangan lupa lakukan penyiangan terhadap gulma dan menghilangkan dedaunan yang kering. Selain itu, lakukan pula pemberian nutrisi berupa pupuk, baik pupuk organik atau pupuk buatan secara berkala setiap 1-2 bulan sekali.