Brilio.net - Masyarakat Indonesia saat ini sedang demam tanaman hias, berbagai jenis tanaman hias bermunculan. Mulai dari paduan warna yang eksotis hingga bentuknya yang unik-unik. Seperti yang diketahui, tanaman hias seperti aglonema, lidah mertua, keladi dan masih banyak lainnya lagi menjadi buruan mereka yang hobi berkebun.

Sebenarnya bukan kali ini saja, di 2008 Indonesia pun sempat dilanda demam tanaman hias. Kala itu yang cukup populer adalah Euphorbia. Tanaman jenis ini memiliki harga yang cukup mahal saat itu dan hampir semua orang menginginkannya.

Kondisi itu persis dengan sekarang ini, di mana monstera, aglonema dan philodendron beberapa jenisnya juga masuk dalam daftar tanaman hias berkelas dengan harga tinggi. Nah selain itu, ada lho beberapa tanaman hias berduri yang sangat cantik dan cocok untuk diletakkan di pekarangan, terutama untuk difungsikan sebagai pagar rumah.

Kira-kira apa saja ya? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (25/3).

-1. Mawar.

Tanaman hias berduri Instagram

Loading...

foto: Instagram/@fayzrhm_

Mawar memang tak pernah lekang oleh waktu, hingga kini tanaman hias cantik ini masih begitu eksis. Mawar masuk dalam jenis tanaman hias berduri. Ada banyak jenis mawar dan warnanya. Salah satunya adala mawar semak Jepang, tanaman ini memiliki tinggi 1,2 hingga 1,8 meter dan bunganya begitu lebat.

-2. Euphorbia.

Tanaman hias berduri Instagram

foto: Instagram/@kaulpooja3_photography

Euphorbia memiliki dua warna, yakni merah dan putih. Euphorbia berwarna merah memiliki masa yang lebih pendek, yakni bertahan 9 bulan. Sementara yang putih bisa bertahan hingga satu tahun.

-3. Thorn apple.

Tanaman hias berduri Instagram

foto: Instagram/@_astheticnature

Thorn apple atau yang dikenal pula dengan nama Datura spp merupakan tanaman hias berduri yang memiliki buah. Keindahan dari tanaman ini adalah daunnya yang berbentuk terompet. Namun perlu hati-hati, meski indah seluruh tanaman ini beracun jika tertelan.

-4. Bugenvil.

Tanaman hias berduri Instagram

foto: Instagram/@rashit_sabirzyanov

Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan tanaman satu ini. Yap biasanya orang menanam tanaman hias satu ini di dekat pagar rumah mereka. Bunganya terlihat seperti bunga kertas.

Bugenvil termasuk tanaman hias yang tidak rewel karena bisa beradaptasi dengan banyak kondisi tanah dan akan mentolerir kekeringan.

-5. Quince.

Tanaman hias berduri Instagram

foto: Instagram/@gardenspy

Quince merupakan tanaman berduri yang mudah hidup dalam kondisi apapun. Tanaman ini juga sering ditanam di dekat pagar rumah. Ketika berbunga, bunganya hanya bisa bertahan sekitar 10 hingga 14 hari dan diikuti oleh buah hijau kekuningan.