Brilio.net - Menjalankan sebuah hobi disebut jadi salah satu cara terbaik untuk memperpanjang usia. Termasuk juga dengan merawat tanaman yang dilakukan banyak orang. Pasalnya hobi yang satu ini nggak hanya membuat tubuh menjadi rileks, namun juga menghindarkan dari stres, memperlancar pernapasan, menghindarkan dari racun, mencegah dari serangan penyakit, mempercepat proses penyembuhan, sampai juga dengan meningkatkan produktivitas kerja.

Ada banyak alasan bagi setiap orang dalam memutuskan merawat tanaman hias. Bisa berawal dari ketertarikan terhadap penampilannya, manfaat yang diberikan, sampai dengan nilai ekonomi yang ditimbulkan ketika membudidayakannya.

Nah, kalau kamu salah satu yang jatuh cinta karena keindahan daunnya, coba rawat beberapa jenis yang ramai dicari para kolektor tanaman. Salah satu yang hits di antaranya adalah tanaman keladi.

Yuk, coba cek ada jenis apa lagi yang bisa kamu jadikan pilihan dalam menanam! Berikut ulasan Brilio.net yang dirangkum dari the spruce.com dan beberapa sumber, Kamis (25/3).

1. Keladi.

Jenis tanaman hias daun yang paling ramai dicari © Instagram

Loading...

foto: Instagram/@arapisarda

Tanaman keladi juga disebut dengan julukan "Sayap Malaikat". Tanaman ini terlihat unik dengan tampilan daun besar berbentuk kepala panah. Untuk warnanya terdapat kombinasi warna hijau, merah, merah muda, dan putih yang mencolok. Kamu bisa merawat tanaman di area yang teduh untuk pertumbuhan yang lebih baik.

2. Canna.

Jenis tanaman hias daun yang paling ramai dicari © Instagram

foto: Instagram/@plants_kinjarapu_anita

Tanaman canna juga jadi salah satu yang kerap diburu karena kecantikannya. Tanaman ini memiliki daun besar berwarna hijau, merah, dengan corak bergaris dan bungan berwarna merah. Tanaman ini mudah menarik perhatian karena tampilannya. Kalau kamu ingin merawatnya, pahami bahwa canna menyukai air dan suhu yang lebih panas.

3. Artemisia (Artemisia vulgaris).

Jenis tanaman hias daun yang paling ramai dicari © Instagram

foto: Instagram/@matosdecomer

Artemisia merupakan tanaman yang masuk dalam keluarga daisy. Jenis tanaman hias satu ini terkenal karena daunnya yang menawan. Ada beberapa jenis artemisia yang populer seperti mugwort, southernwood, sweet annie, tarragon, dan the wormwood.

Sebagian besar tanaman artemisia memiliki dedaunan berwarna abu-abu keperakan yang mengimbangi bunga pastel dengan warna yang lebih menarik seperti ungu, ungu, jeruk, dan biru.

Menariknya, tanaman ini mengambil sedikit cahaya matahari di tempat teduh. Selain itu, ketika mereka menjadi sedikit berantakan di musim yang panas, cukup singkirkan daun yang sudah lama, sehingga daun baru akan muncul.

4. Coleus.

Jenis tanaman hias daun yang paling ramai dicari © Instagram

foto: Instagram/@coleuslady

Coleus nggak kalah eksis untuk mempercantik sudut rumah. Tanaman daun ini memiliki corak dan warna yang beragam. Coleus nggak hanya disukai karena bunganya saja, namun juga daunnya yang berwarna-warni.

Jenis-jenis tanaman hias coleus memiliki corak, warna, dan serat-serat yang beragam dan indah. Kamu bisa memilih yang berdaun gelap jika kamu ingin memiliki tanaman hias coleus yang toleran terhadap matahari dan tahan diletakkan di luar rumah.

5. Coral Bells (Heuchera).

Jenis tanaman hias daun yang paling ramai dicari © Instagram

foto: Instagram/@collectionloco

Tampilan yang unik juga bisa kamu temukan pada coral bells. Terdapat warna daun hijau dengan pola abstrak dan bunga yang berbentuk lonceng berwarna merah muda. Biasanya tanaman heuchera tumbuh paling baik di tempat teduh parsial, tetapi mereka juga akan tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari jika memiliki kelembapan yang cukup. Mereka membentuk rumpun yang rapi untuk ditanam di bawah tanaman yang lebih tinggi.

6. Hosta.

Jenis tanaman hias daun yang paling ramai dicari © Instagram

foto: Instagram/@barbaralul

Tampilan yang berbeda terlihat pada tanaman hosta. Jenis yang satu ini memiliki nuansa hijau, emas, dan biru, dengan daun yang beraneka ragam.

Dalam pertumbuhannya, hosta lebih menyukai naungan cahaya teduh, di mana warna putih dan emas yang lebih cerah akan memantulkan cahaya halus dan membuat lingkungannya semakin indah.

Meskipun dikenal sebagai tanaman peneduh, ada beberapa varietas inang yang dapat ditanam di bawah sinar matahari penuh.

7. Ornamental Grasses.

Jenis tanaman hias daun yang paling ramai dicari © Instagram

foto: Instagram/@mia_studio_poland

Selanjutnya ada ornamental grasses. Tanaman rerumputan ini akan memberikan kesejukan di tamanmu. Kamu perlu memperhatikan cara perawatannya agar ornamental grasses tumbuh dengan baik. Mulai dari tinggi tanaman, kondisi lingkungannya, sampai dengan penyiraman yang diberikan kepada tanaman ini.

8. Persian Shield (Strobilanthes dyerianus).

Jenis tanaman hias daun yang paling ramai dicari © Instagram

foto: Instagram/@greening_domestica

Warna cantik akan kamu temukan pada tanaman hias persian shield. Pasalnya daun pada tanaman ini berwarna-warni dengan tampilan yang cantik. Persian shield dapat menahan paparan sinar matahari penuh. Sementara itu, warna-warni daunnya membuat persian shield akan memberikan tampilan yang hampir bersinar di tempat teduh.

9. Rex Begonia.

Jenis tanaman hias daun yang paling ramai dicari © Instagram

foto: Instagram/@myfellowfoliage

Rex begonia adalah salah satu jenis tanaman tropis. Yang membuat rex begonias menarik adalah daunnya yang bisa melingkar, berbintik, spiral, tebal, acak-acakan, dan juga bersayap. Hal tersebut menjadikan rex begonia ramai dicari para pecinta tanaman.

Akan tetapi, tanaman ini tidak semudah yang lain ketika dirawat, kecuali untuk kamu yang tinggal di daerah tropis. Tanaman ini direkomendasikan untuk dirawat dalam pot, sehingga kamu bisa lebih mengawasi pertumbuhannya.

10. New Zealand Flax.

Jenis tanaman hias daun yang paling ramai dicari © Instagram

foto: Instagram/@lenamouse47

Kemudian ada juga nex zealand flax yang bisa tumbuh lebih dari 7 kaki. Pada area yang memiliki iklim hangat, tanaman yang memiliki julukan lain phormium ini tampil dengan warna hijau. Untuk daunnya berbentuk pisau, sedangkan bunganya akan bermekaran dengan warna merah atau kuning.