Brilio.net - Demam tanaman hias sepertinya masih melanda banyak orang di Tanah Air. Kini tren mengoleksi tanaman hias di rumah banyak dilakukan masyarakat, terlebih pada masa pandemi ini. Fenomena ini seperti layaknya dulu saat orang tergila-gila dengan tanaman hias gelombang cinta.

Namun kini karakter tanaman yang diburu agaknya tak berubah. Yakni yang mudah dirawat, dan tumbuh baik meski menerima sedikit sinar matahari. Serta tanaman yang tahan dengan naungan bisa hidup di dalam ruangan, atau di balkon-balkon apartemen yang sempit. Nah kini banyak jenis tanaman hias daun yang bisa kamu pilih untuk menambah estetika rumah.

Tentunya kehadiran tanaman hias ini di sudut rumah bisa membuat udara makin segar, sejuk dan bersih. Tanaman hias ini juga mampu menghilangkan stres dan menyegarkan mata. Apalagi jika memiliki tanaman hias dengan beragam warna, seperti merah, hijau ungu, hingga putih.

Tanaman hias daun putih ini sangat unik dan banyak digemari beberapa kalangan. Pasalnya warna hijau sudah dianggap biasa. nah buah kamu yang sedang mencari referensi tanaman hias daun putih, berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber, 6 jenis tanaman hias daun putih, indah dan perawatan mudah, Senin (29/3).

1. Aglaonema super white.

Jenis tanaman hias daun putih Instagram © 2021 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@tanaman_bungahias.id

Aglaonema super white memiliki penampakan dengan daun hampir semuanya berwarna putih. Namun, pada tepi daunnya memiliki sedikit warna hijau. Aglaonema super white ini cocok dijadikan sebagai dekorasi rumah karena warnanya yang unik dan indah. Tanaman ini akan tumbuh subur dan lebar jika ditanam dengan media tanam seperti tanah humus atau tanah kompos.

Cara perawatannya pun cukup mudah yakni cukup menyiramnya dua kali sehari. Jenis aglaonema super white ini sebaiknya mendapatkan sinar matahari yang cukup, namun tidak langsung terkena terik sinar matahari alias diletakkan di tempat yang teduh. Nah, agar subur sebaiknya dilakukan pemupukan kira-kira 30 hari sekali menggunakan pupuk NPK daun.

2. Caladium moonlight.

Jenis tanaman hias daun putih Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@rumahgodong

Sesuai namanya, caladium moonlight memiliki daun lebar berbentuk mata panah dengan warna putih dan pinggiran berwarna hijau. Daunnya setipis kertas dan nyaris transparan, membuatnya terlihat rapuh sekaligus indah. Sekilas tanaman ini mirip dengan caladium white christmas. Meski begitu caladium moonlight tak memiliki urat-urat hijau pada daunnya. Karena itulah, Caladium moonlight tampak seperti cahaya bulan yang pucat dan bersinar lembut.

Jenis ini jadi salah satu tanaman keladi yang banyak diburu para pecinta tanaman hias. Harganya pun beragam tergantung ukuran dari tanaman tersebut.

3. Calathea white fusion.

Jenis tanaman hias daun putih Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@plantsandotherprettythings

Calathea dikenal sebagai jenis tanaman hias dengan daun berbentuk lonjong, serta memiliki corak dan warna yang memesona. Salah satu jenisnya bernama calathea white fusion, yang memiliki perpaduan antara warna putih dan hijau. Tampilannya yang menawan menjadikan salah satu daya tarik utama bagi bunga yang juga dikenal dengan sebutan calathea tisu.

Tanaman hias satu ini terkenal dengan ukurannya yang tak begitu tinggi, hanya sekitar 30 hingga 50 sentimeter saja. Daunnya sendiri tumbuh menggerombol atau saling menumpuk satu dengan yang lainnya, namun tetap tersusun dengan rapi. Tanaman ini dapat ditanam dan dirawat di dataran tinggi maupun rendah. Kamu bisa meletakkan tanaman ini di tempat yang teduh atau tidak terkena sinar matahari langsung.

4. Spider plant.

Jenis tanaman hias daun putih Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@plantcultivation

Sering melihat tanaman ini? Tanaman yang memiliki corak warna putih hijau ini dikenal dengan nama spider plant, karena menyerupai kali laba-laba. Tanaman ini memiliki ciri daun yang lebat dan memanjang dengan bagian ujungnya yang meruncing. Kamu bisa menanamnya di dalam sebuah pot dan meletakkannya di dalam ruang tamu, karena spider plant juga termasuk jenis tanaman dalam ruangan.

Biasanya spider plant ini bisa tumbuh baik dengan intensitas cahaya matahari rendah. Jika terpapar sinar matahari langsung tanaman hias ini menjadi rusak.

5. Walisongo.

Jenis tanaman hias daun putih Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@terasimbi

Walisongo merupakan salah satu tanaman hias yang dapat menetralkan polusi udara di dalam ruangan. Tanaman ini memiliki daunnya yang unik, yakni perpaduan hijau dan putih kekuningan dengan berbentuk menjari. Biasanya tanaman ini kerap dijadikan pajangan di dalam rumah. Seperti tanaman lainnya walisongo ini cukup mudah dalam perawatan. Kamu dapat menyiramnya secara teratur dan menyemprotkan pupuk cair ketika diperlukan.

6. Syngonium varigata putih.

Jenis tanaman hias daun putih Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@verocosum

Syngonium varigata putih termasuk salah satu tanaman hias yang populer di tahun 2020. Tanaman hias ini didominasi dengan warna putih serta menambah estetika lingkungan dalam ruangan. Nggak hanya warnanya saja yang unik namun bentuknya juga menyerupai panah. Tanaman merambat ini tumbuh subur pada kondisi cahaya sedang hingga terang, namun jauh dari sinar matahari langsung.

Tumbuh di tanah yang memiliki drainase yang baik, sirami air ketika campuran media tanam mengering sebagian, pertahankan suhu antara 15 °C sampai 26 °C dan kelembaban di atas 50%. Pupuk setiap bulan dengan pupuk daun.