Brilio.net - Banyak sekali jenis tanaman hias yang tren di tengah masyarakat Indonesia. Tidak hanya aglonema, keladi atau caladium, dan lidah mertua saja namun ada pula daun suplir. Tanaman berdaun kecil satu ini memang sangat indah dan membuat rumah menjadi lebih tertata serta sejuk.

Tak hanya keindahannya saja, tanaman suplir juga memiliki manfaat untuk kesehatan, salah satunya dapat meningkatkan kualitas udara dan mengurangi efek radiasi. Batang dari tanaman suplir berukuran kecil dan memiliki warna hitam di sekelilingnya. Sementara daunnya berwarna hijau. Tanaman ini cocok diletakkan di sudut ruangan mana saja.

Cara merawat dan menanam tanaman hias daun suplir Instagram

foto: Instagram/@lihatkebunku_net

Jenis tanaman hias satu ini sangat menyukai suasana atau iklim yang lembab. Jika kamu memiliki suplir di rumah, maka harus memperhatikan kelembaban di wadah tanam. Sama halnya dengan tanaman paku-pakuan pada umumnya, daun suplir tumbuh menjalar dari bawah dengan bentuk melingkar ke dalam seperti tangkai biola kemudian perlahan-lahan terbuka dan membentuk helaian berwarna hijau.

Loading...

Cara merawat dan menanam tanaman hias daun suplir Instagram

foto: Instagram/@lihatkebunku_net

Tanaman suplir dibedakan menjadi dua kelompok, yakni suplir yang tumbuh tegak dan suplir yang menjuntai. Kedua jenis ini sama-sama memiliki daya tarik. Biasanya suplir yang tumbuh tegak diletakkan di teras rumah, sementara yang menjuntai dijadikan hiasan gantung.

Bagi kamu yang senang dengan tanaman hias satu ini, kamu harus tahu bagaimana cara menanam dan merawatnya. Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (10/3).

1. Dapat bibit terbaik.

Cara merawat dan menanam tanaman hias daun suplir Instagram

foto: Instagram/@tanamanpakwo

Sebelum memulai menanam tanaman suplir, kamu harus menemukan terlebih dahulu bibit terbaik agar hasilnya pun nanti akan memuaskan. Pastikan batang suplir tidak putus atau patah karena batangnya tipis dan rapuh. Sebelum menanamnya, simpan bibir suplir di tempat yang sejuk atau lembab.

2. Persiapan untuk menanam.

Cara merawat dan menanam tanaman hias daun suplir Instagram

foto: Instagram/@tanamanpakwo

Tanaman suplir membutuhkan media tanam yang tepat, karena jenis tanaman hias satu ini sangat peka terhadap kondisi media tanam yang terlalu basah atau kering dan terlalu asam atau basa. Sebaiknya pilih media tanam bersifat poros atau mudah dialiri air, mengandung pH ideal 5-6, dan kaya unsur hara dan nutrisi.

Caranya:

Campurkan media tanam dengan pupuk kompos yang sudah disiapkan. Kemudian tanam suplir ke media tersebut. Ketika menanam pastikan batang tidak patah dan akar tertutupi media tanam dengan baik.

Kemudian letakkan suplir di tempat yang teduh, baik itu teras rumah atau pekarangan rumah yang tidak terkenal sinar matahari secara langsung.

Cara merawat tanaman suplir

Cara merawat dan menanam tanaman hias daun suplir Instagram

foto: Instagram/@growandglow.id

Suplir merupakan tanaman hias yang sangat menyukai kelembapan, sehingga kamu harus menyiramnya secara rutin. Jangan biarkan media tanam menjadi kering, namun kamu juga tidak dianjurkan menyiramnya secara berlebihan. Jika tanah lembek atau terlalu basah, maka akan membuat akar dan batang menjadi rapuh. Pastikan pula untuk memberikan pupuk setiap 2 bulan sekali.