Brilio.net - Beberapa jenis tanaman hias dengan warna daun hijau yang memikat, memang memanjakan mata. Tak heran bila tanaman ini mampu membuat orang tergiur untuk mengoleksinya. Daya tariknya tak hanya terdapat pada daunnya yang kehijauan namun juga bentuknya yang unik.

Kini nggak hanya mereka yang memiliki hunian atau halaman yang luas, banyak juga masyarakat yang menata dan mengoleksi tanaman hias di dalam ruangan yang sempit. Salah satu solusinya, mereka menata tanaman menggunakan media rak dinding untuk memanfaatkan ruang vertikal rumah.

Tanaman yang dipilih pun memiliki bentuk daun kecil yang indah. Sebab jika daunnya lebar dan tinggi tentu membuat ruangan menjadi penuh dan sesak. Tanaman hias daun hijau kecil ini membuat suasana rumah kian asri, sejuk, dan menarik dipandang. Tanaman hias jenis ini tidak hanya bisa ditanam dalam pot mini dengan media tanah, namun juga bisa diganti dengan air. Supaya semakin jadi pusat perhatian, pilih tanaman hias daun unik.

Kamu tertarik menghadirkan nuansa lebih asri di rumah dengan tanaman hias? Berikut 7 tanaman hias daun hijau kecil, unik dan cocok untuk pot mini seperti dirangkum brilio.net dari berbagi sumber, Selasa (9/3).

1. Suplir.

Tanaman hias daun hijau kecil Instagram © 2021 brilio.net

Loading...

foto: Instagram/@growandglow.id

Tanaman suplir merupakan tanaman paku terkenal untuk penghias outdoor maupun indoor. Tanaman ini bisa membawa kesegaran dan menarik dipandang mata. Bentuk daunnya yang mungil, bisa membuat interior dan desain rumah makin minimalis menarik. Nah, agar bisa tumbuh dengan baik, suplir membutuhkan tempat yang tidak terlalu kering dan butuh udara bersih.

2. Sirih gading.

Tanaman hias daun hijau kecil Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@green.hayat

Selanjutnya tanaman hias daun hijau kecil yang bisa jadi pilihan untuk hiasan ruangan yakni sirih gading atau Epipremnum aureum. Tanaman ini populer karena punya bentuk yang unik, yakni motif warna daunnya menarik. Sirih gading akan terlihat cantik ketika tumbuh menjuntai ke bawah. Nah, sirih gading sendiri terdiri dari beragam jenis. Mulai dari hijau, kuning, silver dan lainnya. Rumah jadi lebih asri dan segar dengan menaruh sirih gading sebagai dekorasi.

3. Peperomia.

Tanaman hias daun hijau kecil Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@aloe.my.friends

Tanaman dari genus ini memiliki bentuk serba unik yang cocok untuk pajangan di pot mini. Ada yang berbentuk hati, ada pula daunnya seperti kulit semangka. Peperomia termasuk jenis tanaman hias yang dikenal sebagai tanaman abadi. Tanaman ini memiliki daun tumpul tebal dengan tekstur seperti karet. Tumbuhan cantik yang mudah dirawat dan memiliki rupa menawan ini memiliki keindahan yang terletak pada daunnya.

4. Spider plant.

Tanaman hias daun hijau kecil Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@burlapandthyme

Spider plant adalah tumbuhan dengan nama ilmiah Chlorophytum comosum. Tanaman hias ini mampu mempunyai ketinggian mencapai 60 cm. Spider plant dapat ditanam dalam pot mini dan dapat hidup dengan media tanam tanah ataupun air. Sebagai pembersih udara, tanaman hias daun kecil mampu menyerap benzena, formaldehida, karbon monoksida, dan xilena serta mampu menyerap bahan kimia pada industri kulit, karet, dan pencetakan.

5. Baby tears.

Tanaman hias daun hijau kecil Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@ara.plants.semarang

Tanaman baby tears ini cenderung tumbuh ke atas dan memiliki warna daun hijau cerah. Pada umur yang cukup lama baby tears akan terlihat seperti gerombolan daun melingkar. Untuk membuat cabang daun semakin banyak, perlu pemotongan pada cabang-cabang, agar terlihat semakin rimbun dan rapi. Baby tears juga bisa ditanam dalam pot mini maupun dijadikan tanaman hias terrarium.

6. English Ivy.

Tanaman hias daun hijau kecil Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@philodendron_thailand

Tanaman English Ivy menjadi tanaman terbaik yang cocok ditanam di rumah menurut peneliti NASA. Hal tersebut disebabkan karena tanaman ini sangat mudah untuk tumbuh dan beradaptasi. Penanamannya pun beragam, mulai ditanam dalam pot mini, diletakkan di tanah, hingga tanaman rambat dan gantung. Tak perlu perawatan khusus untuk memelihara English Ivy. Tanaman ini juga mampu menyerap udara kotor.

7. Syngonium.

Tanaman hias daun hijau kecil Instagram © 2021 brilio.net

foto: Instagram/@italktomyplantss

Tanaman syngonium juga jadi salah satu tanaman hias yang mencuri perhatian. Masuk dalam varietas Caladium, tanaman hias ini memiliki bentuk daun yang menarik dengan warna yang beragam. Jenisnya mulai dari Syngonium variegata, Syngonium pink splash, Syngonium mojito dan banyak lainnya.

Syngonium menyukai sinar matahari yang tersebar atau teduh parsial. Dari sinar matahari langsung, beberapa varietas kehilangan kecerahan mereka, dan pada saat yang sama defisiensi yang menyebabkan degenerasi daun.