Brilio.net - Perkaratan pada peralatan tukang adalah masalah umum yang sering dihadapi oleh para tukang maupun orang-orang pada umumnya. Karat adalah hasil dari reaksi kimia antara besi atau baja dengan oksigen dan kelembaban udara. Faktor-faktor ini dapat menyebabkan peralatan tukang menjadi korosif seiring berjalannya waktu.

Selain karena oksigen dan kelembaban udara, kondisi penyimpanan dan perawatan dari peralatan tukang dapat memengaruhi sejauh mana alat-alat ini berkarat. Oleh karena itu, penting untuk menjaga dan menyimpan dengan baik peralatan tukang yang terbuat dari besi untuk menghindari karatan.

Namun, jika sudah terlanjur, nggak perlu panik apalagi sampai beli yang baru. Ternyata alat-alat tukang itu masih bisa diangkat karatnya hanya dengan modal Rp 3 ribu saja, lho. Kira-kira seperti apa prosesnya? Brilio.net menghimpun dari YouTube sukaseni ss, Selasa (24/10), berikut ini ulasan lengkapnya.

cara hilangkan karat © YouTube

foto: YouTube/sukaseni ss

Sebetulnya ada banyak cara untuk menghilangkan karat pada besi di peralatan tukang maupun benda lain. Mulai menggunakan minuman bersoda, cuka makanan, bahkan sampai sabun cuci piring yang biasa ada di rumah.

Namun, terkadang menggunakan bahan-bahan itu hasilnya kurang maksimal, serta sisa-sisa karat masih menempel di besi.

cara hilangkan karat © YouTube

foto: YouTube/sukaseni ss

Hal yang perlu kamu siapkan cukup membeli citric acid atau biasa juga disebut asam sitrat. Citric acid merupakan asam organik lemah yang biasanya ditemukan dalam daun, buah, dan tumbuhan genus citrus. Senyawa ini merupakan bahan pengawet alami yang biasa digunakan untuk makanan dan minuman.