Kamu dapat membeli bahan secara online maupun di toko atau supermarket terdekat. Kisaran harganya untuk kemasan 50 gram dibanderol Rp 3 ribu saja.

cara hilangkan karat © YouTube

foto: YouTube/sukaseni ss

Adapun bahan-bahan lain sebagai penambah adalah sabun cuci piring dan detergen. Dua bahan ini biasanya selalu ada di rumah sehingga kamu nggak perlu membelinya lagi.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyampurkan ketiga bahan tadi ke dalam wadah plastik. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan sebagai pengaman.

cara hilangkan karat © YouTube

foto: YouTube/sukaseni ss

Larutkan ketiga bahan menggunakan air keran, lalu aduk sampai merata. Selanjutnya, kamu dapat mengoles cairan tersebut ke bagian yang berkarat. Bisa sekop, gunting rumput, gergaji, palu, dan masih banyak lagi.

Setelah itu gosok area yang berkarat menggunakan sabut besi yang biasa dipakai untuk menyuci wajan. Sikat secara perlahan sampai karat pada besi hilang. Lakukan secara berulang-ulang untuk mendapatkan hasil maksimal.

cara hilangkan karat © YouTube

foto: YouTube/sukaseni ss

Sebagai tambahan informasi, bagi peralatan atau permukaan besi yang terdapat catnya. Tips ini akan membuat cat mengelupas dan luntur. Kamu dapat mengecat atau coating kembali jika karat pada besi sudah terangkat.

Video yang di unggah pada 8 Februari 2021 itu sudah ditonton lebih dari 1,3 juta kali di YouTube. Warganet yang menonton juga meninggalkan responsnya di kolom komentar.

cara hilangkan karat © YouTube

foto: YouTube/sukaseni ss

"keren bang. penjelasan nya pun sangat detail! Sangat memuaskan ," komentar @aminfatahillah3656.

"Makasih banyak atas tipsnya sangat bermanfaat sekali, kebetulan aku punya gunting yg karatan mau nyoba nanti semoga berhasil semoga selalu sehat serta sukses selalu," kata @achosirin7499.

"Mantap cara ke 4 bener² ampuh & manjur mujarab pol ... Hasilnya sangat maksimal, hanya ada sedikit tambahan modifikasi bahan menggunakan tambahan cuka & baking soda plus airnya pake air panas mendidih " ujar @stephanusdavidtjandrawidja3232.

"Mantab hasil ny memuaskan... trmksh telah berbagi ilmu," timpal @gunawanse6924.