Jika dilihat dari postingan lain, pendapatan pasangan ini mencapai Rp 35 juta, ditambah mereka tinggal di kluster mahal, tentu suami istri ini masuk kategori kelas menengah atas. Meskipun begitu mereka nggak lantas ugal-ugalan dalam mengeluarkan uang.

frugal living beli mobil dan rumah © TikTok

foto: TikTok/@cindyarmdya

Wanita bernama Cindy, sangat teliti dalam mengelola keuangan, mulai dari menabung sampai menyiapkan dana tak terduga. Mereka bisa menabung 75 persen dari total join income yang didapat. Cindy dan suaminya bahkan sudah menyicil rumah KPR non-subsidi di sebuah cluster sejak sebelum menikah.

Pasangan yang belum memiliki momongan itu bahkan menggelar resepsi pernikahan sendiri tanpa sponsor orang tua. Plus, mulai menyicil furnitur sejak tahun pertama pernikahan dan melanjutkan pendidikan lagi setelah menikah.

frugal living beli mobil dan rumah © TikTok

foto: TikTok/@cindyarmdya

Cindy sadar banyak orang yang kontra dengan konsep hidup hemat yang lagi tren ini. Ketika banyak mereka yang memilih 'brutal living' demi kewarasan, bagi Cindy dan suami mereka akan lebih tenang jika punya tabungan untuk masa depan, nggak menyusahkan orang lain, hidup seimbang, dan masih bisa bahagiakan orang tua.

Jika melihat biaya pengeluaran Cindy dan suami di postingan lain, uang yang dikeluarkan sangat masuk akal. Untuk uang makan sebulan mereka menghabiskan Rp 1,3 juta, biaya maintenance rumah dan kendaraan habis Rp 6 jutaan. Kebutuhan rumah tangga Rp 870 ribu dan sisanya untuk sedekah.

Jadi jika ditotal biaya pengeluaran pasangan suami istri ini sebulan mencapai sekitar Rp 9,5 juta. Artinya mereka bisa menghemat sampai Rp 25 juta dari total pendapatan mereka.

frugal living beli mobil dan rumah © TikTok

foto: TikTok/@cindyarmdya

Jadi nggak heran kalau mereka bisa membeli mobil dan punya rumah di tahun pertama menikah. Karena dari segi pemasukan sudah sangat mencukupi, selain itu gaya hidup keduanya sederhana nggak neko-neko.

Video yang dibagikan oleh @cindyarmdya ini mendapat perhatian dari warganet. Berbagai respons ditinggalkan mereka di kolom komentar. Ada yang kagum dengan cara menghemat Cindy dan suami, namun nggak sedikit juga yang skeptis.

frugal living beli mobil dan rumah © TikTok

foto: TikTok/@cindyarmdya

"gaji gede mkn dikit aku gaji kecil mkn 3jutaan," kata bilqiezauliarahma.

"dari sini kita tau ges pentingnya punya job + extra job supaya bisa frugal, tapi yg pay check to pay check pun ga salah sesuai kemampuan aja," ujar Milkycandyshop.

"Berdua 1.2 juta wajarlah ya klo aku 4 juta sebulan untuk bertiga," ungkap Vyca.

"ini sebulan 1,2 JT untuk makan, apa dapat makan dari kantor ya...," timpal Faridautm.

"kok bisa makan cm 1.2 juta," tanya honey9 tak percaya.

@cindyarmdya pasutri dual income no kids yang lagi belajar frugal sebulan bisa nabung berapa? disclaimerini hemat versi kami ya, dengan rasio pemasukan dan pengeluaran kami sendiri. daaan jangan lupa kalau standart hidup masing masing orang juga berbeda, kalo bagi kami hidup dengan nominal tersebut sudah cukup nyamaaan koks. #frugalliving #tipshemat #budgeting #spreadsheet #biayahidup #budgetingtiktok girls like me don't cry (sped up) - thuy