Brilio.net - Meskipun terkesan sepele, guru TK merupakan profesi yang rumit dan harus dihargai. Pasalnya, guru TK harus menguasai berbagai keterampilan dan pengetahuan. Misalnya saja, mereka harus pandai berkomunikasi dan mampu memahami psikologi anak.

Mereka juga harus kreatif merancang kegiatan pembelajaran yang kreatif dan sesuai dengan tahap perkembangan anak-anak. Dengan rancangan yang baik, murid jadi punya pengalaman belajar yang menyenangkan dan positif.

Tentu melakukan hal tersebut tidaklah mudah, apalagi jika guru TK itu sendiri tak punya support system. Emang support system macam apa sih yang diperlukan guur TK? Nah, secuil jawabannya mungkin bisa kamu lihat pada akun TikTok @akasa.dinarga, dilansir brilio.net pada Senin (8/1).

Wanita mirip chef Renatta ngajar TK © TikTok

foto: TikTok/@akasa.dinarga

Dalam videonya, @akasa.dinarga mengobrol dengan seorang wanita asal Indonesia bernama Vicky yang menjadi guru TK di Jerman. Sembari mengobrol, wanita yang disebut-sebut mirip chef Renatta ini membandingkan pengalaman menjadi guru TK Indonesia dan Jerman.

Perbedaan pertama, menurut Vicky, gaji guru TK di Jerman jauh lebih baik. Di tahun pertama, sebelum dipotong pajak dan asuransi, guru TK bisa menghasilkan uang sebesar 3.400 Euro - 3.500 Euro. Jika dirupiahkan, itu senilai Rp 50 juta - Rp 60 juta.