"Cerita kasir Indomaret bisa punya Indomaret loha. 2012 aku bekerja sebagai kasir di Indomaret Kemang, Jakarta Selatan. Lalu aku bertemu dengan pramusaji yang juga kerja di toko Indomaret Kemang," tulis Kia dalam salah satu postingan di TikTok.

Selama menjalin hubungan dengan Bari, Kia tahu bahwa pria itu punya mimpi yang sama dengannya, yakni meningkatkan kualitas hidup dan menjadi orang sukses. Kesamaan visi inipun dirumuskan menjadi misi dengan cara membangun usaha sendiri yang dikelola berdua.

kisah sukses kasir indomaret © TikTok

foto: TikTok/@kiaraya61

Sebelum sukses seperti sekarang, Kia dan Bari banyak menjajal ragam usaha mulai dari berjualan baju online, membuka angkringan cuma dalam waktu sebulan, sampai akhirnya mereka bertemu dengan makanan bernama lidi-lidian yang sempat viral sekitar sembilan tahun yang lalu.

Bermodalkan uang Rp 100 ribu, Bari dan Kia mulai menjual makanan viral ini ke orang-orang. Mereka juga memutuskan untuk menggunakan jasa endorse di Instagram. Saat itu Ria Ricis dipilih sebagai influencer yang mempromosikan mi lidi ini. Siapa sangka dari keputusan tersebut, lambat laun usaha yang awalnya cuma beromzet Rp 500 ribu meningkat menjadi Rp 30 juta.

kisah sukses kasir indomaret © TikTok

foto: TikTok/@kiaraya61

Ketika usaha mi lidinya mulai stabil, Kia dan suaminya memutuskan untuk membangun pabrik sendiri seluas 2000 meter persegi di Gunung Sindur, Bogor. Keputusan itu diambil karena mi lidi yang biasa dipesan kualitasnya sudah mulai menurun. Pabrik itu dibangun pada 2020 ketika usianya 26 tahun.

Kia dan suami kini memiliki 136 karyawan. Dalam sehari pabrik Kia dan Bari bisa menghasilkan 16 ribu bungkus. Produk yang diberi nama Mi Lidi Umang itu bahkan punya sekitar 400 reseller dan agen.

kisah sukses kasir indomaret © TikTok

foto: TikTok/@kiaraya61

Tentu saja nggak ada jalan mudah untuk menjadi pengusaha sukses. Mereka pernah ditipu oleh karyawan sendiri selama tujuh tahun membangun usaha mi lidi ini. Hasil dari promosi lewat endorse juga nggak melulu bagus dan menguntungkan. Bahkan Kia dan Bari pernah didemo dua kali oleh karyawannya.

Banyak gejolak dalam perjalanan bisnis kami. Dikhianati karyawan, barang tidak dibayar oleh agen, di demo karyawan berjamaah sampai 2 kali, dan masih banyak lagi," ungkapnya.

kisah sukses kasir indomaret © TikTok

foto: TikTok/@kiaraya61

Baru-baru ini, Kia dan juga suaminya membeli franchise Indomaret. Supermarket itu dibangun di dekat pabrik mi lidi miliknya. Selain tentu ingin melebarkan sayap usaha, Kia punya alasan spesial membeli Indomaret, sebab di tempat itulah dia bertemu dengan suaminya.

Dari yang awalnya hanya mantan kasir dan pramusaji di sebuah supermarket, kini bisa menjadi bos atau pemilik salah satu franchise Indomaret sendiri.

kisah sukses kasir indomaret © TikTok

foto: TikTok/@kiaraya61

Kisah Kia dan Bari ini mengundang decak kagum dari warganet. Selain memberikan pujian, nggak sedikit juga pengguna TikTok yang berharap bisa mengikuti jejak pasangan suami istri ini yang meraih mimpi berdua.

"KAK KERENNNN,” puji .

"Nihhh bukti bahwa org yg gapunya privilege pun bisa sukses asal mau berusaha, belajar, dan banyak mencoba," ujar Putri & Ait.

Seneng aku liat vt beginian....vibes nya positif banget...sukses terus buat kalian berdua ya gaes," kata Dr. Suryo | Human & Life.

Baru tdi siang anakku pengen mie lidi si umang.udh order 3 buat anak2.eh yg punya fyp di aku.semoga bisa nular ke suksesannya.aamiin," ujar Inces yanti.

 

@kiaraya61 Berjuang bersama, menikmati hasilnya juga bersama,,, saling mensupport satu sama lain dan saling terbuka #kiaraya #pengusahamuda #exkasirindomaretpunyaindomaret #franchiseindomaret #mielidi #siumang #lidisiumang #berdualebihmudah Backsound Lucu - Faid rafanda