Brilio.net - Tanggung jawab adalah sebuah sikap yang wajib dimiliki setiap orang dan dibentuk dari kecil. Karena ketika rasa tanggung jawab telah terbentuk sejak dini, seseorang dengan mudah menerapkannya ketika beranjak dewasa dan merasa hal itu menjadi bagian yang tidak boleh terlewatkan.

Pada dasarnya, setiap orang tentu harus memiliki rasa tanggung jawab atas semua yang mereka lakukan. Karena segala perbuatan memiliki konsekuensi tertentu, hal inilah yang perlu dipertanggung jawabkan setiap orang.

Maka dari itu, setiap orang perlu berpikir sebelum melakukan tindakan. Apalagi jika perbuatan yang dipertanggung jawabkan begitu besar, tentunya kamu juga perlu sekuat tenaga untuk menyelesaikannya.

Selain mengetahui pengertian tanggung jawab, kamu juga perlu mengambil langkah untuk membangun sikap tanggung jawab. Berikut ulasan selengkapnya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (15/8).

Arti tanggung jawab.

Arti tanggung jawab © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Secara harfiah, tanggung jawab adalah suatu kondisi dimana seseorang harus menanggung sesuatunya secara sendiri, meskipun dirinya disalahkan sebagai penerima beban yang disebabkan oleh pihak lain. Sementara, berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tanggung jawab adalah suatu kondisi dimana setiap individu memiliki suatu kewajiban untuk menanggung segala sesuatunya sendirian.

Pengertian tanggung jawab adalah bentuk sikap manusia terhadap segala tingkah laku dan perbuatannya. Tanggung jawab merupakan bentuk kesanggupan untuk memikul risiko perbuatan. Wujud dari tanggung jawab yaitu dapat dibuktikan dengan konsistensi perbuatan yang dilakukan.