Brilio.net - Validasi adalah tahapan pengujian kebenaran yang sering dilakukan di dalam lingkup penelitian ilmiah. Istilah validasi juga sering digunakan di dalam berbagai bidang dan digunakan sebagai salah satu tahapan pengujian untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. 

Validasi juga berperan penting agar hasil analisis dalam sebuah penelitian dapat dipertanggungjawabkan. Pendapat lain menyebutkan bahwa validasi adalah salah satu tindakan pembuktian dengan cara-cara ilmiah untuk mencapai hasil yang diinginkan. 

Tahapan validasi memiliki manfaat untuk peningkatan akurasi data dan dapat memudahkan proses entri data penelitian. Nah untuk mengetahui lebih rinci mengenai validasi, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Kamis (11/8).

Pengertian validasi

tahapan validasi dan penjabarannya © berbagai sumber

foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), validasi adalah pengujian kebenaran atas sesuatu. Kata validasi berasal dari bahasa Inggris yaitu "validation" yang berarti ketepatan dan kecermatan alat ukur dalam melakukan fungsinya. Istilah validasi kerap dikaitkan dengan kegiatan atau aktivitas penelitian yang bersifat ilmiah. 

Dalam penelitian ilmiah, validasi menjadi salah satu tahapan untuk membuktikan kebenaran atas hasil penelitian. Selain itu, validasi juga penting dilakukan agar hasil penelitian dapat dipertanggungjawabkan. Validasi juga dapat dimaknai sebagai prosedur, proses, atau mekanisme dalam kegiatan produksi atau penelitian untuk mencapai hasil yang diinginkan. Tahapan validasi biasanya dilakukan oleh orang-orang yang ahli di bidangnya agar dapat menilai apakah parameter uji sudah mewakili seluruh isi secara proporsional.

(brl/pep)