Brilio.net - Data diartikan sebagai sebuah bentuk informasi penting mengenai kejadian atau fakta yang nyata. Informasi yang ada di dalam data dapat dikatakan sebagai sekumpulan simbol tertentu yang menunjukkan tindakan atau benda, angka, tulisan, simbol dari objek pengamatan, dan lainnya.

Dewasa ini, data menjadi salah satu barang atau informasi yang sangat penting bagi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Data juga dapat dijadikan acuan untuk sebuah keterangan dan mempermudah setiap orang dalam mencari maupun mengamati suatu hal.

Jika ditinjau secara bahasa, data berasal dari bahasa latin 'datum' artinya sesuatu yang diberikan. Dari situ, dapat digambarkan bahwa data merupakan hasil dari pengukuran dan pengamatan suatu hal tertentu dalam bentuk kata, warna, angka, simbol, dan keterangan lain.

Pada dasarnya data bersifat mentah, maka dari itu seseorang yang membaca atau melihatnya belum bisa mendapatkan suatu informasi yang utuh. Data perlu diproses terlebih dahulu supaya memiliki arti bagi penerimanya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini ulasan mengenai pengertian, fungsi, dan klasifikasi data, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (23/5).

(brl/lin)