Brilio.net - Smartphone menjadi barang penting yang harus dimiliki oleh semua orang. Tak hanya untuk berkomunikasi saja, terkadang smartphone digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan. Alat elektronik satu ini menjadi sangat penting dan wajib dimiliki oleh setiap orang.

Perangkat mobile pada umumnya dapat berfungsi normal selama beberapa waktu. Meski begitu, kamu tidak boleh menganggap bahwa smartphone kamu dalam kondisi baik-baik saja. Ada saatnya elektronik canggih tersebut bermasalah. Hal ini bisa disebabkan beberapa hal, entah karena faktor usia atau karena kurangnya perawatan.

Hal yang perlu kamu lakukan agar smartphone kamu dapat bekerja dengan baik dalam jangka waktu panjang adalah dengan merawatnya dengan baik. Salah satunya melakukan backup data agar perangkap mobile kamu lebih ringan.

Bagi kamu pengguna Android, perlu kamu ketahui bahwa biasanya sudah menyertakan aplikasi backup khusus di perangkatnya. Sebagai contoh Samsung memiliki program Kies, Lenovo memiliki SYNCit, dan lainnya. Namun terkadang perangkat bawaan tak membuat penggunanya puas.

Nah kamu bisa menggunakan cara lain untuk membackup data. Seperti apa? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (14/12).

Loading...

1. Backup Kontak Lewat Google Contacts.

Cara backup data di smartphone Android Istimewa

foto: gsmarena.com

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Google Contatcs untuk mencadangkan kontak yang ada di perangkat. Dengan aplikasi ini kamu bisa dengan mudah menyalin kontak yang ada di perangkat akun Google milikmu.

Caranya cukup mudah, buka menu 'Setting' lalu 'Import' dan pilih sumber kontak yang ingin disalin. Kemudian kamu tinggal memilih akun Google yang ingin dipakai untuk menyimpan daftar kontak tersebut.

Selain melakukan pencadangan online, kamu juga dapat melakukannya secara offline. Jadi, kamu pilih opsi Export, lalu pilih akun Google yang ingin dipakai, dan terakhir pilih Export to .vcf file.

2. Backup foto di Google Photos.

Cara backup data di smartphone Android Istimewa

foto: pixabay.com

Aplikasi yang dapat diandalkan untuk melakukan pencadangan foto adalah dengan Google Photos. Caranya, kamu dapat mengaktifkan fitur backup dengan membuka aplikasi Google Photos, lalu pilih Settings dan nyalakan opsi 'Back up & Sync'.

Tidak hanya mencadangkan data, kamu dapat memilih kualitas foto yang ingin disimpan. Setelah melakukan backup, kamu dapat menghapus semua foto dengan opsi 'Free up space'.

3. Backup SMS.

Cara backup data di smartphone Android Istimewa

foto: pixabay.com

Sekarang ini SMS memang sudah jarang digunakan. Meski begitu, masih ada yang menggunakannya. Untuk itu, pengguna Android juga dapat mencadangkan SMS yang ada di perangkatnya.

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga, salah satu yang dapat dipakai adalah SMS Backup & Restore. Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah di aplikasi untuk melakukan backup.

4. Backup dokumen.

Cara backup data di smartphone Android Istimewa

foto: dailysocial.id

Dokumen yang tersimpan di HP bisa kamu backup dengan layanan Google Drive. Perangkat ini sudah tersimpan terinstal di dalam sistem Android. Layanan ini menyediakan ruang penyimpanan gratis dengan kapasitas 15GB.

Jika ingin memperbesar kapasitas, ada opsi berlangganan sebesar 100GB seharga Rp 26.900 per bulan dan Rp 135.000 per bulan untuk 1TB.

5. Backup pengaturan di Google Drive.

Cara backup data di smartphone Android Istimewa

foto: pro360blog.com

Android menawarkan beberapa cara bagi pengguna untuk mencadangkan data yang dimilikinya. Salah satunya adalah pengaturan yang ada di perangkat, sehingga kamu tidak perlu repot mengatur banyak hal.

Caranya, kamu tinggal membuka menu 'Settings', pilih 'System' dan 'Backup'. Setelah dibuka, kamu dapat memilih 'Back up to Google Drive'.

Ada beberapa opsi lainnya, pilih opsi 'Settings' untuk menyalin pengaturan yang ada di pengaturanmu. Nantinya, data cadangan ini dapat diakses pula dari aplikasi Google Drive.

Aplikasi backup data Android 2019

Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk membackup data adalah dengan menggunakan beberapa aplikasi backup data. Banyak aplikasi Backup Android yang umum di Playstore.

Ada ukuran besar dengan fitur yang sangat lengkap yang biasanya tidak penting. Ada juga ukuran kecil yang bisa dijalankan di smartphone Android yang masih menggunakan versi sistem operasi lama.

Berikut ini beberapa aplikasi backup data Android yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber.

1. Super Backup & Restore.

Aplikasi backup data tampilan yang sangat sederhana. Pengguna dapat memilih lokasi backup sesuka hati agar mudah ditemukan. Kamu bisa mengoperasikannya dengan mudah dan nggak ribet.

2. App Backup & Restore.

Aplikasi satu ini terbilang cukup populer. Tidak hanya aplikasi ini terlihat sangat sederhana, tetapi juga dapat dengan cepat dan otomatis membuat backup data. Data yang bisa di backup adalah aplikasi APK dan kontak.

3. Backup Your Mobile.

Data yang dapat dibackup oleh aplikasi ini seperti SMS, MMS, log panggilan, aplikasi, pengaturan sistem, dan lainnya. Pengguna tidak akan bingung menggunakannya, karena sangat sederhana.

4. MyBackup.

Aplikasi ini dapat mengamankan aplikasi, SMS, log panggilan, pengaturan sistem dan MM. Tak hanya itu saja, MyBackup juga dapat menyimpan foto, musik, atau juga video yang disimpan di galeri smartphone untuk menyimpankan kembali ke memori eksternal.