Brilio.net - Perkembangan teknologi dan komunikasi terus berkembang mengalami perubahan. Komunikasi jadi lebih mudah dibandingkan dengan zaman dulu. Kamu nggak perlu repot-repot bertatap muka untuk berkomunikasi, karena kini kecanggihan komunikasi bisa didapat dari aplikasi atau media sosial semata. Kamu bisa terhubung dengan seluruh orang di dunia satu sama lain hanya melalui internet.

Berbicara mengenai kecanggihan komunikasi, kamu bisa menyampaikan informasi kepada banyak orang melalui website atau web pribadi. Melalui website ini, kamu bisa menyebarkan informasi baru yang dibutuhkan banyak orang atau hanya sekadar curhat pemikiran. Website bisa kamu jadikan sebagai sarana berbagi ide dengan orang banyak, seperti halnya dengan blog.

Website sendiri ialah istilah umum yang biasa dipakai untuk menyebut semua situs website, seperti google.com, facebook.com, twitter.com, dan lain sebagainya. Sedangkan blog sendiri adalah salah satu bagian dari website.

Pada umumnya perbedaan dari keduanya adalah tampilan dan isinya. Website lebih terlihat profesional dibandingkan dengan blog. Biasanya website berisi mengenai informasi atau layanan produk.

Kalau blog lebih populer digunakan untuk ajang santai. Pada umumnya blog berisi tentang curhatan atau pengalaman penulis, opini, maupun artikel. Di dalam situs blog, berisi konten video, foto, segala hal dan informasi mengenai pemilik blog. Komunikasi di blog lebih dinamis dan interaktif.

Loading...

Saat ini nggak hanya blog saja yang gratis, ada banyak platform website gratisan bisa kamu pakai. Adapun di antaranya yang cukup terkenal ialah wordpress, joomla, drupal, dan wixsite. Simak cara mudah membuat website seperti rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (12/12).

Persiapan membuat website.

Sebelum kamu memulai membuat website, sebaiknya perhatikan beberapa hal penting berikut ini. Pastikan sesuai tema atau passionmu (gambaran secara besar apa isi dari website mu nanti, pemilihan nama domain adalah yang paling krusial (Huruf dalam nama domain Maksimal 15-20 huruf), memilih menggunakan CMS (Content management system) yang sudah siap pakai

Selain itu perlu diperhatikan pemilihan desainnya, pilih yang simpel dan minimalis mungkin supaya mempermudah pengunjung saat melihat, konten orisinil bisa jadi nilai lebih (hindari copy paste atau menyalin tulisan orang lain), pilih-pilih jasa hosting bisa menekan biaya, iklan bisa jadi pendapatan tambahan (bisa didapatkan saat pengunjung website mu sudah banyak), dan terakhir pastikan kamu selalu menjaga keamanan website.

Cara membuat website gratis.

Cara membuat website gratis semakin mudah didapatkan, sehingga perkembangan website juga semakin meningkat. Entah dari sisi tampilan, fitur, dan lainnya. Buat kamu yang pemula, nggak perlu cemas karena cara pembuatannya ini sangat mudah dan praktis.

1. Pilih platform website yang kamu inginkan.

8 Cara membuat website untuk pemula pixabay

foto: wordpress.org

Dari beragam platform gratis yang ada, kamu bebas memilih mana yang sesuai dengan kebutuhanmu. Tapi buat kamu yang pemula, bisa memilih wordpress sebagai platform unggulan. Karena wordpress punya pengaturan, pengunduhan, cara menginstall, dan tampilan yang lebih mudah digunakan.

Selain itu, platform dari wordpress ini bisa kamu gunakan untuk membuat website kecil seperti blog atau untuk bisnis kecil ataupun website besar seperti yang dimiliki oleh perusahaan atau lembaga. Meskipun terlihat sederhana, wordpress juga bisa kamu gunakan untuk memulai bisnis dan keperluan perusahaan.

2. Buat alamat email melalui domain dan hosting.

8 Cara membuat website untuk pemula pixabay

foto: wordpress.org

Domain adalah nama website yang akan kamu buat. Sedangkan hosting ialah tempat penyimpanan data atau file. Hosting punya bentuk fisik yang disebut server (seperti RAM, Prosesor, Har disk).

Pembuatan domain membutuhkan biaya, biasanya Rp 100 ribu untuk satu tahun. Kamu bisa membeli domain di web-web di pasaran. Bisa juga kamu pilih tempat penjual hosting yang akan memberikan gratisan domain, seperti .com, .org, serta .net.

Kemudian pilih nama domain dan hosting yang sesuai dan mudah diingat. Jika hanya untuk urusan pribadi dan kecil-kecilan, kamu bisa menggunakan namamu sendiri misalnya. Apabila untuk kepentingan perusahaan, gunakan nama perusahaan tersebut sebagai domain.

3. Instalasi dan modifikasi.

8 Cara membuat website untuk pemula pixabay

foto: wordpress.org

Setelah semua tahap selesai dilalui, langkah selanjutnya adalah menginstall dan memodifikasinya. Sekarang sudah banyak hosting sangatlah mudah, sama dengan menginstall aplikasi pada umumnya (satu kali klik).

1. Masuk pada hosting account. Klik menu control panel.

2. Klik 'softculous Apps Installer' dan pilih wordpress.

3. Lalu pilih ikon 'install'.

4. Akan muncul halaman software setup, hapus kata yang berada di kolom In Directory.

5. Klik 'install' lagi dan tunggu sampai proses selesai.

6. Setelah selesai, website bisa digunakan.

7. Modifikasi tampilan awal website yang masih kosong. Ada banyak fitur yang bisa kamu atur sendiri. Di antaranya seperti memilih tampilan website sesuai dengan template, buat konten dengan page dan post, pilih judul website apa pada kolom site title di menu pengaturan, dan lainnya.

Halaman utama pada website tergantung template seperti apa yang kamu pilih sebelumnya. Tapi kamu bisa memilih artikel atau tulisan apa saja yang akan ditampilkan di halaman utama.