Brilio.net - Seberapa sering sih kamu menggunakan media sosial? Apakah setiap hari? Nggak dipungkiri saat ini masyarakat bisa mendapatkan berbagai hiburan, informasi bahkan pengetahuan dari aplikasi media sosial. Salah satunya Facebook yang sudah dikenal sejak 15 tahun terakhir.

Facebook sebagai salah satu aplikasi untuk bertegur sapa tanpa batasan jarak dan waktu. Ya, aktivitas berselancar di dunia media sosial memang begitu menyenangkan. Bahkan terkadang bisa bikin penggunanya lupa terhadap waktu. Tapi, itu semua tergantung setiap individu menyiasatinya.

Media sosial Facebook ada fitur-fitur menarik yang semuanya bisa kita atur sesuai keinginan pengguna. Namun, tanpa disadari ketika kamu asyik menggunakan Facebook di Android, tiba-tiba kamu mendapatkan pemberitahuan dari provider, kalau kuota kamu semakin menipis. Alhasil akses menggunakan Facebook menjadi terganggu.

Kalau mendapati kuotamu habis, jangan khawatir. Facebook kini menghadirkan fitur menarik, yaitu mode Facebook gratis. Mode ini memungkinkan pengguna Facebook bisa browsing tanpa menggunakan kuota sama sekali.

Dengan cara ini kamu bisa tetap eksis di Facebook meskipun kuota internetmu habis. Lantas bagaimana caranya? Aplikasi yang dibuat oleh Mark Zuckerberg ini memiliki mode Facebook gratis yang begitu menguntungkan bagi kamu yang sedang tidak memiliki kuota.

Sayangnya belum banyak orang yang tahu bagaimana cara mengaktifkan mode Facebook gratis. Bagi kamu yang juga belum tahu berikut brilio.net rangkum dari berbagi sumber dari, Kamis (12/12), cara aktifkan mode Facebook gratis, dijamin tetap eksis.

1. Cara aktifkan mode Facebook gratis.

Cara aktifkan mode Facebook gratis, dijamin tetap eksis freepik.com pixabay

foto: freepik.com

- Pastikam aktifkan dahulu data seluler pada ponsel.
- Langkah selanjutnya, yaitu login seperti biasa, lalu masuk ke beranda Facebook.
- Kemudian pilih menu setting dengan klik ikon garis tiga di kanan layar atas.
- Di halaman menu ini akan ditampilkan beragam pilihan, lalu pilih saja mode gratis.
- Kamu bisa dialihkan ke halaman konfirmasi. Selanjutnya, kamu cukup konfirmasi dengan mengetuk tombol "Gunakan Facebook secara gratis".
- Setelah itu tunggu proses loading ulang sampai selesai. Jika sudah makan Facebook kamu otomatis akan teralih ke mode gratis.
- Hampir semua jenis smartphone ataupun provider langkahnya kurang lebih sama.

2. Cara aktifkan mode Facebook gratis melalui situs.

Cara aktifkan mode Facebook gratis, dijamin tetap eksis freepik.com pixabay

foto: freepik.com

Ada juga loh cara lain untuk aktifkan mode Facebook gratis ini.

- Pertama kamu bisa membuka free.facebook di browser kalian.
- Pastikan kamu membuka link tersebut di browser yang ada di smartphone
- Setelah itu jangan lupa mematikan WiFi dan menggunakan koneksi mobile data pribadi.
- Jika sudah, cek apakah tampilan bagian atas ada notifikasi berwarna ungu dan ada tulisan "Anda dalam Mode Gratis". Jika Banner itu belum muncul kemungkinan kamu belum terhubung ke Facebook gratis.

3. Cara aktifkan mode Facebook gratis di Facebook Lite.

Cara aktifkan mode Facebook gratis, dijamin tetap eksis freepik.com pixabay

foto: pixabay

Selain menggunakan Facebook biasa, layanan mode gratis ini juga bisa digunakan bagi kamu pengguna Facebook Lite. Caranya juga mudah. Namun sebelum mulai mengaktifkan mode gratis pada Facebook Lite, kamu bisa mengaktifkan terlebih dahulu data seluler di ponsel.

- Buka aplikasi Facebook Lite di ponselmu.
- Lalu di halaman beranda Facebook bagian atas sudah ada pilihan tombol Buka Gratis.
- Kamu bisa pilih mode Gratis dengan klik tombol tersebut.
- Maka secara otomatis kamu Facebook Lite akan teralih ke mode gratis.

4. Cara keluar dari mode gratis.

Cara aktifkan mode Facebook gratis, dijamin tetap eksis freepik.com pixabay

foto: freepik.com

Nah, jika kamu sudah punya rejeki dan dapat mengisi kuota internet kembali, kamu bisa mengembalikan mode gratis ke mode normal kuota. Kalau untuk masuk ke mode gratis harus membuka dulu pengaturan di halaman Facebook, tapi cara keluarnya malah lebih mudah.

- Saat kamu menggunakan mode gratis maka akan muncul notifikasi tulisan "Anda berada dalam mode gratis" dan di sampingnya bertuiliskan "Lihat Foto". Pemberitahuan itu berada di bagian atas tampilan.
- Selanjutnya pilih atau ketuk "Lihat Foto".
- Lalu Facebook pun akan mengalihkan ke halaman baru, kamu cukup mengetuk "Gunakan Data".
- Kemudian tunggu beberapa saat, maka Facebook akan teralih ke mode normal atau data.

5. Kelemahan dan kelebihan mode gratis.

Cara aktifkan mode Facebook gratis, dijamin tetap eksis freepik.com pixabay

foto: freepik.com

- Penggunaan mode gratis ini juga memiliki kelemahan yang begitu mencolok. Ketika kamu sudah mengaktifkan, maka secara otomatis kamu nggak bisa melihat foto maupun video.

- Akses menggunakan mode gratis lebih cepat. Berbeda dengan mode data yang bisa menyaksikan foto, pada mode gratis otomatis foto dinonaktifkan dan membuat proses atau akses jauh lebih cepat.

- Ketika pengguna mengaktifkan mode gratis Facebook, maka kamu mengakses Facebook tanpa kuota. Pihak provider juga tidak akan memotong penggunaan kuota ketika dalam mode gratis.

- Saat kamu berada di sekitar wilayah yang sinyalnya lemah atau lemot, dan menggunakan mode gratis, maka aksesnya tergolong lebih cepat.