Brilio.net - Bermain game memang menjadi salah satu hal yang asyik untuk menghabiskan waktu luang. Ada banyak macam game yang bisa dimainkan, mulai dari kategori game santai, game simulasi, hingga game strategi. Nah, salah satu game kategori strategi yang pasti sudah tidak asing lagi, adalah game Clash of Clans (COC).

Keunikan COC yang mengambil latar kolosal membuat pengguna seakan ikut dibawa ke zaman yang penuh peperangan. Terbiasa mengatur strategi, membangun komunitas, dan menyerang pemain lain adalah cara kerja game COC yang sayang untuk dilewatkan. Jika berhasil menyelesaikannya, pemain akan mendapatkan emas, trophy, elixir, dan dark elixir.

Game yang telah rilis sejak tahun 2013 ini pernah begitu populer di Indonesia. Terbukti, sudah jutaan pengguna yang men-download aplikasi ini dan masih tetap aktif memainkannya lho. Tidak hanya di kalangan remaja, anak kecil dan dewasa pun tetap bisa memainkan game legendaris ini.

Tetapi terus menerus memainkan game COC di smartphone kadang membuat para penggunanya khawatir. Sebab, smartphone jadi cepat panas dan akibatnya bisa cepat rusak. Karena itulah, biasanya mereka beralih pada PC untuk memainkan COC.

Selain mencegah kerusakan di smartphone kamu, bermain COC di PC juga membuat tampilan game lebih lebar. Sehingga kamu makin nyaman untuk memainkannya, meski dalam waktu yang lama.

Loading...

Nah, untuk kamu yang belum tahu bagaimana cara bermain COC di PC, artikel ini mungkin akan membantumu. Berikut cara bermain COC di PC yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/12).

1. BlueStacks

foto: bluestacks.com

BlueStack merupakan aplikasi yang bertipe mesin virtual atau emulator Android yang dijalankan di PC. Aplikasi ini bisa dijalankan di berbagai komputer bersistem Windows maupun Macitosh. Fungsinya sebagai emulator Android, membuat aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk bermain COC di PC. Caranya sebagai berikut:

- Unduh BlueStacks, melalui https://www.bluestack.com

- Install aplikasi BlueStacks

- Klik tombol search dan ketikkan Clash of Clans

- Klik Instal

- Klik run untuk membuka game

2. NoxPlayer

foto: chouraha.com

Selain menggunakan BlueStack, kamu juga bisa menggunakan NoxPlayer. Aplikasi ini hampir sama seperti BlueStack yakni berfungsi sebagai emoluter Android. Tidak hanya COC, aplikasi ini juga bisa untuk membuka sosial media seperti instagram, atau game lain seperti Subway Surfers dan Kitchen Story.

Namun jika kamu ingin menggunakan NoxPlayer, pastikan PC mu sesuai dengan standar berikut:

- Windows 7/8/10

- Tersedia space sebanyak 1,5GB di Hard Drive

- Koneksi internet

- 4GB RAM Memory

- CPU multiple core prossesors yang support VT-x atau AMD-V

- Support Open GL 2.0

Nah, setelah mempersiapkan PC yang akan kamu gunakan. Berikut langkah-langkah untuk bermain COC di PC menggunakan NoxPlayer

- Unduh NoxPlayer

- Install dan masuk ke akun Google Playstore dengan akun yang sama dengan smartphone kamu.

- Download dan Install game COC

- Untuk menggunakan lebih dari 2 akun, gunakan Multidrive.

- Klik add New Emulator

- COC siap dimainkan di PC

3. Mobizen for Android.

foto: modandroisAPK.com

Berbeda dengan BlueStack dan NoxPlayer, Mobizen for Android ini bukanlah emulator, namun sebuah program yang dirancang untuk mengambil gameplay Clash of Clans. Jadi game COC yang ada di smarthphone milikmu bisa kamu mainkan juga di PC. Berikut langkah-langkahnya:

- Download dan Install Aplikasi Mobizen For Android di PC

- Untuk pengguna baru, kamu bisa klik Daftar terlebih dahulu, dan isi sesuai perintah

- Aktifkan mode USB Debugging dengan cara klik Setting, kemudian klik Develop options, lalu centang bagian USB debugging.

- Sambungkan smartphone ke PC menggunakan kabel USB

- Jalankan Mobizen for Android

- Konfirmasi dengan klik OK ketika muncul "Allow USB debugging?"

- Login dengan akun yang kamu gunakan untuk bermain COC

- Dapatkan kode verifikasi, dan kamu pun bisa langsung memainkan COC melalui PC

4. Memu Play.

foto: yasir252.com

Memu Play merupakan salah satu aplikasi yang juga bisa kamu coba untuk memainkan COC di PC. Aplikasi ini cukup mudah untuk digunakan, caranya sebagai berikut:

- Download dan Install aplikasi Memu Play pada https://www.memuplay.com/

- Search dan tuliskan Clash of Clans

- Masuk ke COC, dan daftarkan akun yang kamu gunakan di smartphone

- Game COC bisa langsung dimainkan

5. Windroye.

foto: teknobos.com

Keunggulan Windroye dibanding yang lain adalah ukurannya yang ringan. Cara penggunaan emulator ini juga hampir sama dengan Memu Play, yakni:

- Download Wendroye dan Install

- Tuliskan Clash of Clans di kolom search

- Login menggunakan akun COC yang ada di smartphone kamu.

- Mainkan COC melalui PC

6. Andy Android Emulator.

foto: softgetic.com

Bagi kamu yang memiliki PC dengan spek tinggi dan RAM setidaknya 4GB, kamu bisa memilih Andy Android Emulator. Andy Android Emulator ini memiliki fitur yang lebih baik dan lengkap dibandingkan emulator lain seperti BlueStacks atau NoxPlayer. Berikut langkah-langkah menggunakannya:

- Download dan Install Andy Android Emulator

- Klik tombol search dan ketikkan Clash of Clans

- Run game Clash of Clans

- Login di PC menggunakan akun yang kamu gunakan di smartphone kamu.

- Mainkan COC seperti biasa

Reporter: Deta Jauda Najmah