Brilio.net - Istilah independen cukup familiar digunakan di dalam beberapa bidang dan konteks, mulai politik, ekonomi, bahkan hingga musik. Konsep independen dalam bidang musik merujuk pada penyanyi yang mempublikasikan lagunya secara independen dan tidak terikat pada agensi manapun. Sedangkan, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), independen adalah berjiwa bebas atau tidak terikat pada pihak lain. 

Independen juga dapat dipahami sebagai sifat mandiri dan tidak bergantung pada orang lain atau pihak lain. Sikap mandiri yang ditunjukkan melalui independen bukan berarti seseorang tidak membutuhkan orang lain, namun ia selalu berusaha untuk menghadapi dan menyelesaikannya sendiri. 

Untuk mendapatkan penjelasan yang lebih rinci mengenai istilah independen, berikut brilio.net merangkumnya dari berbagai sumber pada Rabu (10/8).

Pengertian independen

 independen dan karakteristiknya © berbagai sumber

foto: Rizky Rahmat Hidayat/Unsplash

Secara etimologi, kata independen berasal dari bahasa Inggris yaitu "independent" yang berarti merdeka, berdaulat, dan tidak bergantung kepada orang lain. Biasanya, kata independen juga umum digunakan pada saat perayaan hari ulang tahun kemerdekaan suatu negara. Secara umum, independen dapat didefinisikan sebagai suatu sikap yang netral dan tidak berpihak kepada siapapun. Selain itu, independen juga dapat dimaknai sebagai wujud memiliki kekuasaannya sendiri, merdeka, dan tidak dikontrol oleh pihak lain.

(brl/pep)