Brilio.net - Tanggung jawab adalah suatu bentuk kesanggupan seseorang atau individu untuk menanggung segala risiko atas keputusan yang telah dibuat. Setiap tindakan atau perbuatan memiliki risiko yang harus dipertanggungjawabkan sehingga setiap orang harus berpikir dengan jernih sebelum mengambil keputusan.

Sikap dan rasa tanggung jawab ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat dan juga lingkup keluarga. Dalam lingkup keluarga, sikap tanggung jawab dapat dipupuk sejak usia dini agar dalam perkembangannya sang anak dapat memahami arti dari tanggung jawab tersebut.

Untuk mengetahui lebih rinci mengenai tanggung jawab, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber padaSenin (20/6).

Pengertian tanggung jawab.

pengertian dan penjabaran tanggung jawab  berbagai sumber

foto: Unsplash/Ruthson Zimmerman

Tanggung jawab adalah salah satu bentuk sikap manusia terhadap tindakan atau keputusan yang telah dibuat. Tanggung jawab dapat dimaknai sebagai bentuk kesanggupan seseorang untuk menanggung risiko dari segala perbuatannya.

Tanggung jawab juga dapat diartikan sebagai sebuah sikap seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya yang seharusnya dilakukan terhadap diri sendiri, masyarakat, dan lingkungan.

Pendapat lain menyebutkan bahwa tanggung jawab merupakan salah satu wujud memerdekakan diri dan orang-orang yang ditanggungnya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tanggung jawab adalah keadaan di mana seseorang wajib menanggung segala sesuatu (jika terjadi apa-apa boleh dituntut, dipersalahkan, diperkarakan, dan sebagainya).

Para ahli memiliki definisi tersendiri tentang tanggung jawab. Berikut beberapa di antaranya.

- Tanggung jawab menurut Schiller & Bryan.

Tanggung jawab adalah perilaku yang dapat menentukan reaksi seseorang terhadap situasi setiap hari yang memerlukan keputusan.

- Tanggung jawab menurut Wiyoto.

Tanggung jawab adalah kemampuan untuk mengambil keputusan secara efektif dan 'pantas'. Hal ini berarti seseorang yang bisa menetapkan pilihan terbaik atas dasar batas normal sosial dan harapan umum yang diberikan untuk meningkatkan hubungan antar manusia yang positif, keberhasilan, dan kesejahteraan individu itu sendiri.

- Tanggung jawab menurut Mudjiono.

Tanggung jawab adalah sikap yang berkaitan dengan tuntutan terhadap hak, tugas, dan kewajiban sesuai dengan aturan, nilai, norma, serta adat istiadat.