Brilio.net - Retail adalah sebuah usaha atau bisnis untuk memasarkan barang kepada konsumen. Pada praktiknya di lapangan, pemilik usaha retail akan membeli barang dari produsen dalam jumlah banyak untuk kembali dijual secara satuan langsung kepada konsumen guna pemakaian pribadi. Usaha retail akan melakukan penjualan barang dari satu titik pembelian yang berupa toko fisik, situs online, atau katalog.

Saat ini, retail telah menjadi model bisnis yang dianggap lebih modern dan dapat menarik minat calon pelanggan. Dalam pengertian lainnya, retail juga dapat diartikan sebagai penjual eceran. Nah untuk memahami lebih lanjut mengenai retail, berikut brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber pada Jumat (17/6).

Pengertian retail.

pengertian dan cara kerja retail © berbagai sumber

foto: Unsplash/Korie Cull

Dilansir dari laman KBBI, retail adalah usaha bersama dalam bidang perniagaan dalam jumlah kecil atau eceran kepada konsumen tingkat akhir. Dalam lingkup bisnis, retail juga dapat diartikan sebagai sebuah upaya pemasaran barang atau jasa yang dilakukan dalam satuan langsung kepada para konsumen untuk keperluan pribadi atau kebutuhan rumah tangga.

Para pemilik bisnis retail sering disebut dengan pengecer atau penjual eceran. Retailer memiliki peran yang begitu penting dalam rantai pasokan barang atau jasa karena secara tidak langsung para retailer memudahkan produsen untuk fokus memproduksi barang tanpa perlu memikirkan strategi pemasaran kepada konsumen.

Pemilik retail juga akan mengatur proses pembelian seperti mengatur jumlah tenaga kerja penjualan serta katalog yang berisi foto dan deskripsi produk.

 

(brl/tin)