Brilio.net - Setiap manusia yang hidup pastinya menginginkan sesuatu yang perkembang dan lebih baik dari sebelumnya. Maka dari itu, ada kalanya orang akan membutuhkan sesuatu yang baru dan menantang. Sesuatu yang baru tersebut dapat dikatakan sebagai inovasi. Inovasi tentunya sangat penting dalam kehidupan, baik pendidikan, bisnis, atau dalam bidang lainnya.

Inovasi adalah suatu pembaharuan ide, barang baru, pelayanan baru, dan cara-cara baru yang lebih bermanfaat. Dalam artian lain, inovasi merupakan sesuatu hal yang diciptakan untuk mencapai tujuan tertentu atau untuk memecahkan suatu masalah.

Karena pada hakikatnya yang menjadi sasaran untuk menerima dan menerapkan inovasi adalah individu atau pribadi sebagai bagian dari sistem sosial. Maka dari itu, pemahaman tentang proses inovasi perlu dikuasai oleh individu sebagai suatu konsep dasar dalam berinovasi.

Untuk dapat memahami lebih lanjut, simak tujuan dan ciri-ciri dari inovasi, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (17/6).