Brilio.net - Pengertian intuisi jika menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah daya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari. Intuisi juga dapat dimaknai sebagai bisikan hati atau gerak hati.

Intuisi merupakan suatu bentuk pengetahuan yang muncul dari pikiran bawah sadar tanpa pertimbangan yang jelas. Selain itu, intuisi juga identik dengan firasat yang terbentuk melalui pikiran bawah sadar melalui bisikan hati.

Intuisi juga seringkali berperan dalam pertimbangan untuk pengambilan keputusan pada seseorang. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai intuisi, brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Kamis (16/6).

Pengertian intuisi

penjabaran intuisi © berbagai sumber

foto: Unsplash/Edz Norton

Intuisi dapat dikatakan sebagai suatu jenis kemampuan psikis karena seringkali disebut sebagai gerak hati atau kata hati. Dari sudut pandang psikologis, intuisi dilihat sebagai firasat yang menuntun seseorang pada suatu pengetahuan akan informasi. Dilansir dari Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity, intuisi secara otomatis diterima begitu saja karena proses yang berlangsung secara tanpa sadar.

Otak kanan manusia bekerja dengan mengatur sistem bawah sadar dan tidak sadar. Sistem ini bekerja tanpa sepengetahuan kita sehingga dapat menghasilkan respons yang cepat.

Intuisi dapat berasal dari berbagai informasi atau pengalaman yang pernah kamu alami. Lantas informasi tersebut berada di alam bawah sadar sehingga ketika kata hati tersebut muncul, kamu secara tidak langsung mengambil keputusan yang terbentuk dari alam bawah sadar.

Cara kerja alam bawah sadar yang cepat membuat kamu dapat mengambil keputusan dengan cepat berdasarkan informasi atau kejadian yang pernah terjadi sebelumnya. Intuisi seseorang juga dapat membentuk orientasi terhadap sesama manusia dan akhirnya turut berperan dalam berbagai tindakan religius, pertimbangan serta pengambilan keputusan etis.

Jadi, secara umum, intuisi merupakan gerak hati atau kata hati yang merespons suatu hal yang akan dihadapi atau yang akan terjadi.

(brl/lea)