Brilio.net - Islam senantiasa mengajarkan setiap umatnya untuk ikhlas. Bahkan ikhlas menjadi salah satu cara yang penting dalam beramal dan beribadah kepada Allah. Dengan ikhlas, seorang muslim akan selalu belajar untuk mengikuti sunnah serta tuntunan Rasulullah SAW, sehingga ikhlas memberikan petunjuk bahwa amalan yang dilakukan semata-mata hanya untuk Allah SWT.

Ikhlas berarti mendedikasikan dan mengorientasikan seluruh ucapan dan perbuatan, hidup dan mati, diam dan bicara, gerak, kesendirian dan keramaian, serta segala tingkah laku di dunia ini hanya untuk satu hal, yaitu meraih keridhoan Allah SWT. Maka dari itu, ikhlas merupakan sesuatu yang berat, tak jarang mudah diucapkan namun sulit untuk dilakukan.

Seringkali ikhlas dikaitkan dengan tindakan dengan setulus hati yang dilandasi dengan niat, sehingga dapat memberikan ketenangan dan kedamaian bagi diri sendiri dan orang lain. Karena pada dasarnya, ikhlas tergantung dengan niat masing-masing orang. Maka dari itu, memahami arti ikhlas sangatlah penting, hal ini dilakukan supaya terhindar dari perbuatan yang buruk dengan niat selain karena Allah.

Untuk memahami arti ikhlas, tingkatan, dan cara penerapannya, berikut brilio.net telah rangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/7).