Brilio.net - Secara umum, modul adalah suatu paket pembelajaran yang terdiri dari beberapa komponen penting meliputi metode pembelajaran, tujuan pembelajaran, alat pembelajaran, bahan ajar, dan sistem evaluasinya. Modul juga sering dikemas dengan cara yang menarik dan lebih komprehensif untuk mencapai tujuan dan kompetensi yang ingin dicapai.

Modul juga dapat dimaknai sebagai salah satu bentuk bahan ajar yang dikemas secara utuh dan sistematis yang di dalamnya memuat seperangkat pengalaman belajar yang terencana dan didesain untuk membantu peserta didik menguasai tujuan belajar yang spesifik.

Penggunaan modul dalam pembelajaran bertujuan agar siswa dapat belajar secara mandiri tanpa atau dengan bimbingan minimal dari guru. Nah, untuk memahami lebih jauh mengenai modul, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Kamis (7/7).

Pengertian modul.

penjabaran mengenai modul © berbagai sumber

foto: Unsplash/Green Chameleon

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), modul adalah satuan standar yang bersama-sama dengan yang lain digunakan secara bersama. Modul adalah bahan ajar yang disusun secara sistematis dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa sesuai dengan usia dan tingkat pengetahuan siswa agar dapat belajar secara mandiri dengan bimbingan minimal dari pendidik. Pendapat lain menyebutkan bahwa modul adalah bagian kesatuan belajar yang terencana yang dirancang untuk membantu siswa secara individual dalam mencapai tujuan belajarnya.

Modul juga dapat diartikan sebagai suatu paket program yang disusun dan didesain sedemikian rupa untuk kepentingan belajar siswa. Pendekatan dalam pembelajaran modul menggunakan pengalaman siswa. Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa modul merupakan paket program yang disusun dan didesain sedemikian rupa sebagai bahan belajar mandiri untuk membantu siswa menguasai tujuan belajarnya.