Brilio.net - Chauvinisme sering diartikan sebagai paham nasionalisme yang berarti paham yang merendahkan bangsa lain dan menjunjung tinggi bangsa sendiri dengan cara berlebihan. Selain itu, chauvinisme juga dianggap sebagai paham yang percaya kepada negaranya bahkan rela berkorban demi pandangan tersebut.

Dalam konteks politik, chauvinisme dapat memengaruhi seseorang untuk menyerang siapa saja yang mendukung partai berbeda atau seseorang yang memiliki pandangan yang berbeda. Hal ini membuat beberapa pihak menganggap bahwa sikap chauvinisme harus dihilangkan, ditolak, dan dihindari dalam diri masyarakat Indonesia karena dapat mendorong pelanggaran HAM.

Chauvinisme dapat diartikan sebagai rasa cinta yang berlebihan terhadap sesuatu. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai chauvinisme, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Minggu (3/7).

Pengertian chauvinisme.

pengertian dan penjabaran chauvinisme © berbagai sumber

foto: Unsplash/Dzulfahmi Fauzan

Chauvinisme adalah rasa cinta tanah air yang berlebihan dengan mengagungkan bangsa sendiri dan merendahkan bangsa lain. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), chauvinisme adalah sikap atau cinta kepada tanah air yang sangat berlebihan. Paham chauvinisme dianggap bertentangan dengan sila ketiga Pancasila yaitu Persatuan Indonesia sehingga paham ini tidak dibenarkan untuk bertumbuh di negara Indonesia karena penganut paham chauvinisme dapat berpotensi menimbulkan perpecahan dan pemberontakan.

Sejarah chauvinisme dimulai ketika seorang figur fiktif bernama Nicolas Chauvin yang merupakan tentara setia dari Napoleon Bonaparte. Walaupun Napoleon kalah dan dibuang, chauvin tetap setia. Definisi chauvinisme dapat diartikan sebagai sebuah paham yang cenderung bersikap loyal atau pandangan kesetiaan seseorang terhadap sesuatu hal.

Contoh chauvinisme adalah seperti yang dikemukakan oleh Adolf Hitler dengan kalimat Deutschland Uber Alles in der Welt yang artinya Jerman di atas segala-galanya dalam dunia. Slogan ini masih dipakai Jerman untuk memberikan semangat pada atlet ketika bertanding. Selain Jerman, Inggris juga memiliki slogan yang serupa yaitu Right or Wrong is My Country.

Definisi chauvinisme menurut para ahli:

1. Menurut Mirandalaurensi, chauvinisme merupakan tindakan mengagungkan negaranya dan menganggap remeh negara lain.

2. Menurut St-Times, chauvinisme adalah rasa cinta tanah air yang berlebihan dan merendahkan bangsa lain.

3. Inoviana juga mengemukakan bahwa chauvinisme merupakan bentuk kesetiaan yang ekstrem yang digunakan oleh suatu pihak tanpa mempertimbangkan pandangan dari pihak lain.

 

(brl/tin)