Brilio.net - Setiap perempuan tentu ingin proses persalinannya berjalan lancar dan dilakukan di fasilitas kesehatan yang memadai. Sayangnya, tak semua orang bisa seberuntung itu. Seorang ibu asal Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Selatan adalah salah satunya. Ia terpaksa melahirkan di dalam perahu saat cuaca sedang dalam cukup ekstrem.

Adapun kejadian tersebut mulanya diketahui melalui sebuah video yang diunggah di TikTok oleh pemilik akun @sabrimasir. Diketahui, ibu tersebut semula datang ke Puskesmas terdekat untuk melahirkan.

Akan tetapi, lantaran tekanan darahnya tinggi dan cukup berisiko terhadap kesehatannya ia pun dirujuk untuk bersalin di RSUD Banggai, Sulawesi Tengah. Namun tak disangka, saat melintasi laut ibu tersebut tiba-tiba mengalami kontraksi.

Beruntung, di dalam kapal tersebut terdapat seorang bidan honorer bernama Awanti yang mendampingi perempuan itu. Dengan sigap dan tenang, sang bidan pun membantu proses melahirkan dengan alat seadanya. Dalam video yang tak lebih dari 1 menit itu, terlihat bahwa bidan tersebut hanya menggunakan sarung untuk menutupi ibu itu, sarung tangan agar steril, serta gunting dan beberapa kapas.

"Perjuangan bidan menolong partus di atas perahu. Tetap tenang menolong walau di tengah laut yang bergelombang karena keselamatan (yang) utama," tulis sang pengunggah dalam video postingannya, dikutip brilio.net pada Kamis (5/8).

bidan desa bantu proses melahirkan di perahu © TikTok

foto: TikTok/@sabrimasir

Syukurnya, proses melahirkan berjalan tanpa ada hambatan berat. Sang ibu pun selamat dan anaknya lahir dengan sehat.

"Alhamdulillah atas izin Allah ibu dan bayi selamat. Padahal ibu ini dirujuk karena berisiko tinggi. Salut sama bidan Awanti, A.Md.Keb semoga tahun ini engkau lolos PNS amin," tulis dalam keterangan video @sabrimasir.

@sabrimasir

perjuangan nakes bidan @awantipangas dan @tania_ahmad ##fyp ##fyp ##bidan ##nakes ##midwife ##kesehatan ##pejuang ##vidioviral ##viral ##kemenkesri

Mungkin Hari Ini Esok Atau Nanti - Anneth

Tak pelak, aksi heroik Awanti itu pun menuai banyak pujian. Tak sedikit warganet yang bahkan mendoakannya agar lulus seleksi CPNS yang tengah diikutinya.

"PNS tanpa ujian kalo ini mah. Bener-bener berpengalaman dan berpengetahuan," tulis akun TikTok Ainiyy_hasan.

"Yang begini harusnya yang gajinya besar. Banyak manfaat buat rakyat," tulis seorang netizen pada kolom komentar.

(brl/lea)

(brl/lea)